Feb 25 2010

Third Week in Candi, Sidoarjo

P2140544Minggu ketiga menjadi minggu-minggu yang paling sibuk, dimana kita harus mengikhlaskan pikiran dan tenaga untuk warga setempat. Semua divisi bekerja pada bidangnya masing-masing. Cukup capek dan jadi gampang laper (emng dasarnya suka maem..xixixi). Padahal maeman harus beli ato masak dulu kalo mau maem. Gag jarang kita dibawain tetangga-tetangga udang-udang yang besar2…hehehe… (ojo ngiler). Ga hanya udang, makanan ringan pun juga sering dikirimi. Makasie ya bapak-bapak ibu-ibu setempat.

Tiga minggu berkumpul dalam satu kamar dan sering berinteraksi dengan mereka membuat kita mengerti kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ada beberapa teman yang hanya menerima kelebihan tapi susah untuk memahami kekurangan teman yang lain. Padahal, setiap kelebihan itu menuntut suatu kekurangan. Apalagi dalam suatu kelompok pasti ada aja yang ga klop, sempet ada yang bikin kres low, sampai acara nangis-nangis karena salah paham. Alhamdulillah dalam ketegangan yang cukup mengkhawatirkan, kami masih bisa mengatasi masalah dengan kepala dingin.

Continue reading


Feb 17 2010

Second Week in Candi, Sidoarjo

Minggu kedua di kampung yang menghijau terhampar banyak kami lalui dengan kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan, kewirausahaan, dan lingkungan. Sementara di bagian pendidikan tempat aku bertanggung jawab di divisi ini, masih dengan kegiatan belajar mengajarnya. Lagi-lagi bersenang-senang dengan anak kecil.

”Mbak Difa mau ke posyandu?”, tanya salah satu perangkat desa nyeletuk ketika tau aku akan berangkat ke posyandu.

“Iya pak, kenapa?”, tanyaku sambil memberikan senyum semanis mungkin (weeeek).

Continue reading


Feb 10 2010

First Week in Candi, Sidoarjo

P2020241Sidoarjo bersimbol udang dan bandeng pada huruf “S” nya, layaknya “S” yang terbentuk dari hewan hiu dan buaya pada Surabaya. KKN BBM (Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat) Unair ke 41 kali ini dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Surabaya, Sidoarjo, dan Bojonegoro (mahasiswanya yang paling banyak ada di Sidoarjo). Seluruh pelosok desa yang ditunjuk mendapat sentuhan praktek ilmu yang kami dapat setelah hampir empat tahun ini di fakultas masing-masing. Seperti kata orang, mahasiswa selalu berada di menara gading, melihat dan berpikir segala sesuatunya sangat perfeksionis. Program ini bertujuan untuk kita sebagai mahasiswa, setelah terjun di masyarakat, bukan lagi berdiri di menara gading, tapi berdiri di menara air yang bisa menerangi “para nelayan” yang sedang membutuhkan bantuan cahaya.

Continue reading


Feb 2 2010

Togetherness With Them

-Bersahabat dekat dengan seseorang itu membutuhkan banyak pengertian, waktu, dan rasa percaya. Dengan semakin dekatnya masa hidupku yang tidak pasti, teman-teman adalah hartaku yang paling berharga- Erynn Miller.P1180065

“Menurutmu, kejadian menarik apa yang paling berkesan selama hampir empat tahun di Sastra Indonesia `06?”, tanya Mamad selaku moderator setelah Ragil menunjukku untuk memulai season curhat malam terakhir di villa, Batu.

Berdehem sejenak. Kemudian menikmati wajah para sahabatku beberapa detik. Pemandangan yang mungkin kurindukan di tahun-tahun mendatang. Dan memoriku seakan kembali ke tahun 2006.

Continue reading