Mar 20 2010

–Kasihan–

Punya teman yang karakternya macem-macem kadang gampang-gampang susah. Sebisa mungkin aku pengen menjadikan diriku sebagai teman yang menyenangkan bagi mereka. Dan memang itu bukan hal yang mudah. Menjadi serba ga enak kalo ternyata kita salah dalam menempatkan posisi kita (baca: gag sensitif). Seharusnya kita menempatkan diri di ranah A, tapi kita gag sadar, malah santai duduk di ranah B.

Begitu juga dengan karakter teman yang gampang marah. Pengen menjadikan suatu guyonan malah jadi hal yang membuat amarahnya tersulut. Kayak melemparkan boomerang sejauh mungkin, tapi ujung-ujungnya balik ke kita dengan kondisi yang menyakitkan (dan mungkin tak bisa menangkap boomerang itu seperti orang-orang Aborigin ahli). Bisa dibayangkan betapa “mbendolnya” kena boomerang hasil lemparan sendiri. Bukan permainan mengasyikkan yang diperoleh, tapi luka yang didapat.

Continue reading


Mar 13 2010

House of Sampoerna with Him

IMG_0502Rokok menjadi benda yang banyak diminati kaum lelaki pada awalnya. Seiring dengan berjalannya zaman, sebagian wanita menganggap rokok itu aksesoris yang eksotis. Apalagi disaat musim hujan tiba, kedai-kedai pinggir jalan pun menguarkan bau tembakau yang wangi. Ngomong-ngomong tentang kerajaan rokok yang ada di Indonesia, House of Sampoerna boleh dibilang kerajaan yang tak lupa akan nilai sejarah. Letaknya tepat di Jalan Taman Sampoerna 6, Surabaya (dekate JMP). Beberapa hari yang lalu aku sempat berkunjung kesana dengan fotografer abadiku. Disana kami menemukan sejarah dari suatu masa yang begitu menarik untuk diikuti. Meskipun tidak ada guide disana, tapi kita bisa menemukan “box pintar” yang bertugas memandu kita lewat sentuhan tangan kita sendiri.

IMG_0517

Dagang tak pernah bisa lepas dari etnis Cina, begitu juga dengan pendiri HOS (House of Sampoerna). Ayahnya yang berasal dari desa Anxi (1898), propinsi Fujian ini berlayar hingga ke Indonesia ketika Seeng tee masih berumur 5 tahun (pendiri cikal bakal HOS). Ketika ayahnya sudah merasa tak kan hidup lama lagi, maka dia menitipkan Seeng tee muda ini kepada pamannya yang ada di Bojonegoro.

Continue reading


Mar 3 2010

KKN ku Selesai Sudah…

P2240846 (2)Hampir sebulan yang lalu aku berangkat KKN dan beberapa hari yang lalu pula aku berpisah dengan keluarga baruku. Perpisahan yang unik dan mengharukan. Banyak kisah menarik tak terduga telah terjadi. Mengajar pelajaran terakhir kalinya untuk anak-anak kelas 2 MI Mambaul Ulum n SD Kendal Pecabean 1 membuatku gag bisa marah pada mereka, meskipun mereka memang sedikit bandel. Tempat yang gag kondusif karena rame dan diruangan terbuka, membuat mereka tak bisa fokus pada pelajaran yang sedang dihadapi. Foto-foto, sharing, dan memberikan nomer telp yang bisa mereka hubungi menjadi detik-detik perpisahanku dengan anak-anak yang menyenangkan itu. Ternyata gag cuma aku aja yang bisa membekas dihati mereka (kok pede banget ya aku??hehe..), Risma, Yan, n Pipit dapet hadiah dari anak didiknya low. Hadiahnya macem2, mulai dari topi, pelembab badan, ampe sandal yang ukurannya pas untuk kakak yang menjadi sasaran kasih sayang mereka. Continue reading