Feb 23 2012

Cuma Ingin Bilang,”Terima Kasih”.

Tiba-tiba saya ingat si Mbah (yang-tak-saya-tahu-namanya) ini. Mungkin karena keseringan makan jajannya keponakan yang masih berumur satu tahun, tiba-tiba saya ingat si Mbah (yang-tak-saya-tahu-namanya). Memang benar, ketika kita dewasa, kita tak dapat mengingat kejadian demi kejadian sewaktu kita kecil secara detail. Ada bagian yang terasa nyata, ada juga bagian yang terasa “mengada-ada”. Begitu pula dengan yang saya alami. Potongan demi potongan kejadian berusaha saya ingat dan saya kumpulkan mengenai si Mbah (yang-tak-saya-tahu-namanya), sayangnya ingatan tersebut belum bisa menjadi “film” yang utuh.

Ini berhubungan juga dengan biskuit Regal. Maaf, bukan promosi, tapi saya memang suka sekali makan biskuit, apa saja, termasuk biskuit Regal ini. Selain mengeyangkan, rasanya enak, harganya murah pula. Sifat lambung saya yang gampang lapar dan gampang kenyang, mengharuskan saya membawa camilan kemana-mana. Dulu saya juga suka sekali makan Chiki (maaf sebut merk) rasa keju, dan ketika mencoba Lays (eh, sebut lagi) yang rasa rumput laut, lidah saya langsung jatuh cinta. Tapi karena semakin mengerti bahayanya makan makanan bermicin yang dikonsumsi setiap hari, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti camilan dengan biskuit (lagi).

Continue reading


Feb 15 2012

(Musim) Ibu Baru

Kebahagiaan pasangan yang baru menikah akan semakin lengkap dengan hadirnya sang buah hati. Setelah hampir setahun menikah, teman-teman saya ini (segera) dipercaya Tuhan untuk merawat dan mendidik hasil benih-benih cinta mereka. Yukkk.. Nengokin keimutan mereka sebelum tumbuh menjadi “penguasa dunia”.. Hehehe..

Continue reading


Feb 9 2012

Indahnya Bershalawat

Banyak orang yang bertanya, “Kenapa kita mendoakan Nabi Muhammad? Kenapa kita bersusah payah melantunkan shalawat untuk Nabi Muhammad yang sudah jelas-jelas masuk surga? Apa pula manfaatnya buat kita?”

Bagi yang pemahaman Islam-nya dangkal seperti saya, pasti pernah memiliki pertanyaan seperti itu. Atau minimal selama ini kita memang bershalawat, tapi tidak tahu tujuan lainnya, selain agar dapat pahala saja. Kenapa.. Kenapa.. Dan kenapa.. Sampai beberapa hari yang lalu saya mengikuti pengajian dalam rangka Maulid Nabi di Masjid Al-Kautsar, Kertosono. Mendengarkan ceramah Ustad Mashuri yang berasal dari Jombang ini, membuat saya sedikit paham alur sunahnya bershalawat untuk Nabi kita tercinta.

Tahu diba`an? Itu lho.. Jenis shalawatan yang dilantunkan bersama-sama dan biasanya dilakukan di masjid seminggu sekali. Dulu waktu saya masih SD, sering banget diajak Mbak Dina (kakak saya nomer dua) ke masjid. Belum fasih dan belum hafal banget, masuk SMP saya sudah jarang ke masjid untuk diba`an karena ga ada Mbak Dina yang ngajakin (malasnya jangan jadi contoh ya). Nah.. Ustad Mashuri kemarin ini mengulas tentang isi diba’an. InsyAlloh, berikut adalah rangkuman yang masih bisa saya ingat dan saya tulis (eh, lebih tepatnya diketik ding!).

Continue reading