Mar 17 2015

Jangan Remehkan yang Kecil

Gaya tiap-tiap ustad dalam menyampaikan ilmu itu berbeda-beda. Ada yang ber-basic saint, experience, humor, dan lain-lain. Ustad berdarah timur tengah ini juga memiliki cara penyampaian yang unik. Sebelum memulai kajian, beliau wudlu dulu, ditengah-tengah kajian mengajak para jamaahnya untuk melantunkan sholawat serta istighfar bersama, dan pada sesi terakhir kajiannya, kami dipersilakan untuk bermuhasabah diri diiringi seruan-seruannya, duh jadi terharuuuu..

Kajian Ustad Al-Habsyi kali ini berisi tentang penjelasan Surat Al-Imron, ayat 26 yang berbunyi:

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Ayat diatas menyatakan bahwa, Alloh bisa dengan mudah memuliakan maupun menghinakan manusia dalam sesaat. Pertanyaan selanjutnya, kapan seseorang dinilai hina oleh Alloh? Yaitu ketika seseorang itu MERASA paling sholeh! (Astagfirullohhhhh..). Padahal hanya “merasa” loh.. Tapi sama Alloh sudah dinilai paling hina :(. (Duh Gusti.. Jauhkan hamba dari “merasa” yang paling dilarang oleh-Mu ini.. Amienn..).

Di akhirat nanti, ada tiga kelompok manusia yang dibangkitkan terlebih dulu, dan masuk neraka lebih dulu pula, siapakah mereka?

6

Continue reading


Mar 13 2015

Sakit dalam Pandangan Orang Beriman

Ga sedikit orang yang mengeluh ketika sakit menyapa, ga sedikit orang yang merasa sebal dan marah ketika sakit menerpa, tapi jika bisa memahami esensi sakit, sungguh mulia orang yang sabar dalam menghadapi sakit. Nahhhh.. Kali ini, Ustad Wijayanto akan membahas sakit dalam pangdangan orang beriman. Sumber sakit itu ada 3 pembaca yang dirahmati oleh Alloh, pengaruh fisik, pengaruh rohani, dan pengaruh psikis. Makanyaaa.. Makan dan minumnya jangan berlebihan, harus halal, dan thoyib (baik) tentunya. Hikmah sakit yaitu:

1. Musibah

Alloh mengukur sakit sesuai ukuran dan kadar seseorang kemudian memilih siapa yang sanggup menanggungnya. Jadi kalau sekarang kita dalam kondisi sakit dan merasa sakitnya terasa berat, janganlah berkecil hati, karena itu berarti kita termasuk orang-orang yang “kuat”. Orang yang tergolong ekonomi menengah kebawah, rata-rata sakitnya cuma diare, penyakit kulit, dan penyakit ringan lainnya. Beda dengan orang yang berekonomi menengah keatas, rata-rata sakitnya stroke, jantung, dan penyakit berat lainnya. Maha Adil Alloh dengan segala ketentuannya. Kemampuan menghadapi sakit inilah yang bisa menjadikan manusia lebih mulia dibanding malaikat, karena malaikat tidak pernah sakit. Masya Alloh.. Luar biasa ya orang yang bersabar dalam sakitnya. Sebagai manusia, tugas kita hanya MENGHADAPI, biar Alloh yang MENGATASI!

 11Suasana tempat pengajian..

Continue reading