Mar 17 2015

Jangan Remehkan yang Kecil

Gaya tiap-tiap ustad dalam menyampaikan ilmu itu berbeda-beda. Ada yang ber-basic saint, experience, humor, dan lain-lain. Ustad berdarah timur tengah ini juga memiliki cara penyampaian yang unik. Sebelum memulai kajian, beliau wudlu dulu, ditengah-tengah kajian mengajak para jamaahnya untuk melantunkan sholawat serta istighfar bersama, dan pada sesi terakhir kajiannya, kami dipersilakan untuk bermuhasabah diri diiringi seruan-seruannya, duh jadi terharuuuu..

Kajian Ustad Al-Habsyi kali ini berisi tentang penjelasan Surat Al-Imron, ayat 26 yang berbunyi:

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

Ayat diatas menyatakan bahwa, Alloh bisa dengan mudah memuliakan maupun menghinakan manusia dalam sesaat. Pertanyaan selanjutnya, kapan seseorang dinilai hina oleh Alloh? Yaitu ketika seseorang itu MERASA paling sholeh! (Astagfirullohhhhh..). Padahal hanya “merasa” loh.. Tapi sama Alloh sudah dinilai paling hina :(. (Duh Gusti.. Jauhkan hamba dari “merasa” yang paling dilarang oleh-Mu ini.. Amienn..).

Di akhirat nanti, ada tiga kelompok manusia yang dibangkitkan terlebih dulu, dan masuk neraka lebih dulu pula, siapakah mereka?

6

Continue reading