Jul 30 2016

Family Gathering in Jogja

Setiap lebaran hari ke dua, saya beserta suami dan anak selalu mudik ke kampung halaman saya, Kertosono, Jawa Timur. Kadang naik pesawat, kadang naik kereta. Kalau saya pribadi sih suka naik kereta, selain sekarang kereta sudah tertib, teratur, dan bersih, tapi juga karena Stasiun Kertosono sangat dekat dengan rumah orang tua saya. Kalau tidak ada sopir yang menjemput, bisalah kami naik becak, hehehe. Kalau naik pesawat, dari Surabaya ke Kertosono membutuhkan waktu normal tiga jam. Tapi kalau sedang lebaran, bisa dipastikan lalu lintas semakin padat, dan akan semakin lama di jalan (duh!).

Nah, lebaran kemarin terasa berbeda. Biasanya, setiap lebaran kami berkumpul di rumah Almarhum Eyang di Kertosono, tapi kali ini kami silaturahim sekalian liburan, lengkap dengan sepupu-sepupu dari keluarga bapak. Seumur-umur, baru kali ini kami bisa family gathering sekaligus libur lebaran bareng dengan keluarga (sangat) besar. Masya Alloh.. Banyak banget (lebih kurang 50 orang) dan tentu saja sangat ramai! Mulai dari eyang-eyang hingga cucu-cucu yang berusia satu tahun, berusaha ikut semua.

Kali ini Jogja yang menjadi tujuan liburan kami. Karena wilayah Jogja yang terletak di “tengah”, maka kami yang domisilinya dimana-mana (alias pencar-pencar dari ujung ke ujung Jawa), sepakat untuk bertemu langsung di kota Gudeg ini. Alhamdulillah.. Saya dari Jakarta masih kebagian tiket kereta tambahan Argo Dwipangga. Setiba di Jogja sore itu dan bertemu keluarga, rasanya senanggggg banget bisa bertemu saudara-saudara dengan suasana baru.

Suasana di Kereta Argo Dwipangga, perjalanan Jakarta-Jogja.

Oiya, kami menginap di Hotel Harper Jogja selama empat hari tiga malam. Dan selama tiga hari itu, kami menyewa dua bus medium untuk mengelilingi kota Yogja. Mulai dari pusat kota, hingga ke pantai. Meski beberapa dari kami sering ke Yogja, tapi kami diperlakukan seolah-olah ikut tur beneran, hihihi. Ada guide-nya yang menjelaskan jalan-jalan yang kita lewati, ke tempat-tempat wisata baru yang asyik, dan disediakan snack-snack pengganjal perut.

Kamar tempat kami menginap. Continue reading