Arti Kemerdekaan Indonesia Tahun ini

Tujuh belas Agustus tahun empat lima.. Itulah hari kemerdekaan kita.. Hari merdeka.. Nusa dan Bangsa.. Hari lahirnya Bangsa Indonesia.. Merdeka!!!

IMG-20110819-00877

Cihuy.. Sebagai warga negara Indonesia yang baik.. Saya mengenal dan menghafal beberapa lagu Nasional yang ketika saya SD, nyanyian-nyanyian tersebut menjadi wajib untuk kami ingat. Nah.. tahun ini, kebetulan sekali ulang tahun Negara Indonesia bertepatan dengan Nuzulul Qur’an. Tanggal dimana Al-Qur’an turun, tepat tanggal dimana negara dinyatakan merdeka pula! Wow.. Bukankah itu merupakan penanda dan pertanda yang baik??

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti “Tabligh Akbar Memperingati HUT RI ke-66” di Kediri bersama Emha Ainun Najib ato yang biasa dipanggil Cak Nun. Dan saya baru sekali ini mengikuti ceramah beliau. Meski munculnya jam 10 malem dan pulang nyampe rumah Kertosono jam setengah 3 pagi, tapi ceramahnya mengena banget. Dan yang terpenting saya ga ngantuk blas denger ceramahnya (faktor paling penting nie, hihihihi).

Dari ceramah beliau, saya tahu kalau beliau sangat ingin mensugesti masyarakat Kediri yang hadir di balai walikota untuk lebih percaya diri terhadap ke-Indonesiaan kita saat ini. Yach.. Kita bisa merasakan sendiri kan.. Bagaimana kondisi Indonesia di mata dunia skrg? Gag sedikit orang Indonesia yang malu mengakui kewarganegaraannya sendiri. Negara yang sudah merdeka sejak dari 66 tahun yang lalu, mestinya sekarang bisa menikmati kemakmuran-kemakmuran yang memang sudah Indonesia miliki sedari dulu. Tapi nyatanya apa? Masih banyak pengelolaan SDA ataupun pemimpin yang kurang tepat dalam menempatkan kepemimpinannya. Yach.. Saya hanya segelintir warga Indonesia yang saat ini hanya berfungsi sebagai “pengamat” dan “penikmat” gonjang ganjing bumi pertiwi. Cobaan negara ini terasa berat karena negara ini sesungguhnya kuat!

Tapi justru disitulah, ketahanan dan kekuatan kita diuji. Kata Cak Nun, orang Indonesia itu ahli “susah”. Maksudnya ahli susah itu, meskipun utang banyak, kita masih bisa makan. Makan tempe aja udah ngerasa enak bgt (apalagi pake sambel plus nasi hangat). Hehehe.. Makanya Cak Nun menghimbau masyarakat, untuk tidak minder dengan keIndonesiaan kita, karena kita adalah umat yang dipersiapkan untuk memperbaiki negara ini pada beberapa tahun ke depan. Beliau juga mengatakan bahwa, yang sekarang di ”atas” jangan merasa lebih mulia daripada yang di”bawah”. Bukankah dosa yang paling minim adalah dosa yang dimiliki rakyat? Karena suatu jabatan, kelak akan dipertanyakan keamanahannya. Hiii… Ngeri ya.. Kalo seenaknya sendiri mempimpin rakyatnya.. Makanya.. Jangan nyepelein yang dibawah.. Padahal sangat mungkin doa yang diijabahi selama ini adalah doa2 rakyat yang memiliki sedikit dosa.. Dan biasanya..orang yang pernah susah..tau arti kebahagiaan.. “Jangan menikah dengan aku wahai dunia, karena aku hanya ingin menikmatimu saja. Aku hanya bisa menempatkanmu di telapak tanganku, bukan dihatiku. Karena aku sudah menikah dengan akhirat, jadi aku hanya bisa sebatas menghampirimu saja, oke?” Begitulah bahasa gaul ala Cak Nun.. Hehehe.. Keren ya.. menyampaikan saripati kehidupan dengan sangat bijaksana.

Oiya… Saya juga habis di bbm-in temenku yang isinya sangat membahagiaakan Indonesia.. Mentang-mentang masih dalam bulan yang bernafaskan kemerdekaan (semoga saja ini fakta ya.. :D). Cek this out:

  1. PT. PAL sukses bikin salah satu kapal terbaik di dunia “Star 50” berbobot 50.000 ton. Salah satu negara yang pesan kapal ini adalah Singapura.
  2. Di Singapura gamelan jadi mata pelajaran wajib di SD pada hampir sebagian wilayahnya.
  3. Pabrik/manufaktur Mattel (boneka Barbie USA) hanya ada 2 di dunia yaitu di China dan Jababeka, Cikarang.
  4. Brand Internasional yang amat prestisius, Gucci, menggunakan kain tenun asli Indonesia sebagai bahan bakunya.
  5. Mobil terpopuler di Uni Emirat Arab adalah Toyota Kijang Innova yang sepenuhnya diproduksi di Indonesia.
  6. Bunga nasional Korea Utara yang amat populer Kimilsungia berasal dari Indonesia dan diberi nama oleh Presiden RI Ir. Soekarno.
  7. Tahukah anda, airbridge-tangga belalai menuju pintu pesawat yang ngetrend di bandara-bandara dunia, kali pertama dibuat oleh PT Bukaka, Indonesia.
  8. Pejuang HAM legendaris bapak pembebasan Negara Afrika Selatan, Nelson Mandela, setelah berhasil menghapus Apartheid di negerinya, mengakui bahwa perjuangannya itu diinspirasikan perjuangan Syekh Yusuf Makassar.
  9. Thun 2002, dalam Special Edition TIME magazine on Asian Heroes, penyanyi Iwan Fals jadi cover fullpage.
  10. Mobil prestisius, Mercedes Benz, menggunakan knalpot buatan Indonesia, yang pengerjaannya sepenuhnya dilakukan di Purbalingga, Jawa Tengah.
  11. Presiden RI ke 3, BJ. Habibie adalah pemegang 46 paten di bidang aeronautika dunia.
  12. David Foster mengaku, lagu ciptaannya “To Love You More” yang dibawakan Celine Dion terinspirasi dari musik keroncong Indonesia.
  13. Menara Kuala Lumpur dirancang oleh Putra Indonesia, Ir. Achmad Murdijat alumni ITB.
  14. Indofood adalah produsen mie instan terbesar di dunia.
  15. Tas Bagteria made in Indonesia telah dijajakan diberbagai etalase di mall2 kelas atas di 32 negara di seluruh penjuru dunia dan dipakai Paris Hilton, Zara Philips, Emma Thomson, dan Audrey Tatou
  16. 3 jenis kopi andalan Starbuks di Seattle, adalah Sumatera, Java Mocha, dan Toraja Coffee.
  17. Koin Ringgit dan passport Malaysia produksi PT. PERURI
  18. Seragam serdadu NATO diprosuksi oleh PT. Sritex.

Hm… Semoga apa yang diinformasikan temen saya di atas benar adanya ya (amien).. Semoga memang ada titik balik perubahan yang lebih baik untuk negeri ini (amien).. Kita hanya harus berusaha hidup dengan baik dan benar..selanjutnya biarkan Tuhan yang bekerja.. 🙂

IMG-20110820-00891



Leave a Reply