Jaga Kesehatannya!!

Gara-gara ada Ibhy dirumah, duo “adek”ku ini jarang kuajak mainan. Biasanya tiap hari aku keluarin dari kandang, aku gelitikin, aku ajak lari2, aku gendong kesana-kemari.. Tapi sejak kedatangan Ibhy dirumah, duo adekku aku “cuekin”. Rumah Ibhy di Kediri sedang direnovasi, jadi sementara dia masih tinggal di Kertosono. Dan tentu saja aku amat senangggg… Ada adek gemuk yang ganteng dirumah..

IMG-20111112-01513

Balek lagi ke duo adekku, si Bipo dan si Chika. Aku sebenernya merasa bersalah.. Ya kalau niat adopsi.. Bukan cuma dikasi makan dan ganti pasir tempat beolnya doank.. Tapi juga harus diberi perhatian dan kasih sayang.. Meski ga setiap hari kuajak main, sebisa mungkin kalau aku lagi ngerjain pembukuan di kantor, mereka selalu kuminta untuk nemeni aku.. Kalau pas ada tugas diluar kantor, paling seminggu sekali baru kuajak maen.. Itu pun ga lama.. Soalnya Ibhy lebih lucu..dan yang jelas lebih berat badannya.. Hehehe..

Oiya.. Meski jarang kuajak main, aku inget tanggal dimana mereka harus imunisasi lho. Hal ini wajib dilakukan bagi para kakak-kakak pengadopsi, agar adek-adek kalian kesehatannya terjaga. Kupikir dulu suntiknya di pantat (kayak manusia gt), ternyata mereka suntiknya di punuk. Dan ajaibnya mereka ga umeg atau merasa kesakitan kayak kita pas disuntik, hehehe. Sesuai namanya, suntik tahunan ini hanya dilakukan setahun sekali dan jangan meremehkan suntikkan ini (baca: penting!). Sebelum suntikkan tahunan, ada lagi suntikkan yang harus dilakukan. Ketika adopsian kalian masih usia balita, mereka harus disuntik setiap sebulan sekali selama tiga bulan kedepan. Seperti manusia, ketika balita, mereka renta terhadap penyakit maupun suhu yang tak menentu. Jadi harus bener-bener telaten dan sabar dalam merawat mereka.

IMG-20111025-01378IMG-20111025-01377IMG-20111025-01374IMG-20111025-01376

Beberapa bulan yang lalu aku sempat kecolongan. Adek lelakiku, Bipo sakit dan harus rawat inap serta diinfus di klinik dokter hewan di Kediri. Kronologisnya seperti ini, kucing pada umumnya menjilati tubuhnya yang bisa kita ibaratkan sebagai “mandi” harian mereka. Tapi karena bulu Bipo yang panjang, lebat, dan rontok, bulu-bulu tersebut ternyata ikut masuk bersama air liur yang dia telan dan menggumpal di tenggorokannya. Sebenernya gumpalan bulu-bulu itu bisa keluar dengan sendirinya (alamiah) bersama muntahan mereka, ketika mereka makan rumput (kucing juga makan tumbuhan untuk merangsang keluarnya gumpalan tersebut).

IMG-20110919-01120

Tapi karena kondisi Bipo saat itu ga fit alias sedang stres ingin kawin, akhirnya dia ga bisa mengeluarkan gumpalan tersebut dan sempat kehabisan nafas. Dengan kata lain.. Saat itu dia sedang diambang kematian. Hampir sepuluh hari dia di diinfus dan sms dokter di tepat pukul tiga pagi membuat aku menangis dan sangat membuat aku merasa bersalah. Seperti ini bunyi smsnya:

“Mbak.. Kami mau konfirmasi tentang Bipo. Kondisi nya semakin menurun dan responnya sudah sangat melemah. Tapi tetap kami upayakan mbak. Nanti perkembangannya kami kabari lagi.”

IMG-20110919-01122IMG-20110919-01123

Ketika aku baca kondisinya “sangat melemah”, aku sedih banget. Meski dia paling ga suka digendong, aku mau gendong dia selama mungkin. Biarin deh dicakar-cakar.. Pokoknya aku cuma pengen satu, meluk dia. Dari dini hari sampe dhuha aku nangis ga berhenti-henti. Ada rasa “ga pengen pisah” sama dia.. Iya.. Dia kucing pertamaku, dia juga yang mengajari aku untuk lebih menyayangi makhluk Tuhan selain manusia.

Dalam bayanganku, kalau dia memang benar-benar ninggalin aku dulu, aku mau bikin liang lahatnya sendiri, aku juga mau mengkafani dia sendiri, dan tentu saja menggendong dia sampai peristirahatan terakhir. Aku pun sudah pesen tempat di mana dia dikubur, di lahan makam keluarga (aku ingin dia mendapat tempat paling dekat dengan rumah masa depanku).

Dhuha di hari itu juga, aku segera berangkat untuk menjenguk Bipo. Dan sungguh diluar dugaan. Dia berhasil memuntahkan gumpalan dalam tenggorokannya. Huhuhuhu.. Betapa bersyukurnya aku.. Dia sudah bisa bernafas seperti biasanya. Meski badannya belum stabil untuk berdiri tegap, tapi dia sudah bisa jalan lagi. Kata dokter, semangat Bipo untuk sembuh itu luar biasa. Tenaganya juga kuat, bener-benar kucing jantan yang sehat. Bipo.. Bipo.. Lain kali jangan bikin aku kuatir ya.. Aku jadi galau kalau kamu kenapa-kenapa..

Tapiii… Masih ada PR buat aku.. Chika ga mau dibuahi! Padahal Bipo udah siap kawin, tapi Chika nya ogah-ogahan. Waktu Chika aku jodohin dengan pejantan lain, Chika juga ga mau. Sewaktu mereka sekandang lagi.. Mereka berjauh2an.. T___T. Aku jadi curiga.. Jangan-jangan Chika ini lesbi apa ya? (bisa ga sie kucing kelainan? :p) Habis ga mau ama pejantan-pejantan ganteng lho.. Gimana dunk? Hadehhh.. Serba salah jadinya..

IMG-20110927-01197

Yach.. Mungkin Tuhan masih mencukupkan aku dengan dua adek-adekku yang sehat ini. Belum saatnya Chika hamil dan punya anak karena aku sibuk kali ya (positif thinking). Adek-adekku sayang.. Maaf ya kalau akhir-akhir ini kalian aku “cuekin” karena kehadiran Ibhy, tapi jangan pernah merasa jauh dari aku.. Karena aku tetep mau dan akan selalu jadi Mbak Penjaga kalian yang baik.. Hehehe..

IMG_9929

I luv u so my adoptian.. 🙂



6 Responses to “Jaga Kesehatannya!!”

  • rizzza Says:

    dif….ati2 kena toxoplasma…
    aq uda kena soalnya…
    setauq belum ada vaksinnya…
    baik buat kucingnya sendiri maupun manusia yg kena…
    kan mau nikah..
    ok…

  • Laila Says:

    Lucu banget bayinya…:)

  • diva Says:

    @rizza:hah??kamu kena??taunya gimana??trus pengobatannya??

    @laila:iya la…anaknya mas ku.. 🙂

  • rizza Says:

    waktu pertama kali priksa hamil ke 2 ini aq ganti dokter dr kehamilanq pertama trus aq crita pernah keguguran akhirnya disuruh cek toxo n ternyata hasilnya positif,,,jadi deh minum obat sampe ngelahirin nanti…
    sebenere test ni wajib bagi yg mau nikah buat jaga2 soale trisemester pertama tu penting banget…lg rentan2nya…padahal aq gag suka kucing 🙁 jadi be careful yah…

  • diva Says:

    test ny dimana??aku tuh pengen test iniiiii… sms dunk dimana tempatnyaaaa…

  • RIZZA Says:

    bisa di laboratorium kayak sima atau prodia…bilang aja pengen cek toxo IGg dan IGm gitu…

Leave a Reply