Ga boLeH ShAuM.. -_-“

Biasanya telat saur. Bangun cuma minum air putih n shalat tahajud dua rakaat trus adzan subuh dweh (hehhe..mepet bgt..). Berbeda dengan tadi pagi. Saur dah dipersiapkan dari kemarin malem, niat pun bulat ga boleh mbangkong lagi, pokoknya harus bs muhasabah juga lah (udah gede, waktunya tirakat diperbanyak)..

Sip…..aku bisa bangun jam tiga (menurutku jam segini dah awal low). Enak juga ya kalo bangun lebih awal, ga terburu-buru oleh waktu. Maem bisa pelan2.. shalat pun bisa tenang… dah adzan Subuh pun datang… πŸ™‚

Udah beres semua, lampu tidur dinyalakan, mau berseluncur dikasur…tiba2 hape ku berdering dari mas dolfi tercinta (huwek).. sms pun terbaca..

Mas Dop: kamu puasa?sekarang masih hari tasrik Β kan?

Aku: (tuing…tuing…) loh iyo tha?? Ak wez saur nie… emng hr tasrik ny ampe kapan?

Mas Dop: Lek sak ngerti ku 11 12, 13.

Aku: yach….. -_-“

Sampe jam9 pagi masih mamang aku.. Temen2 yang ngerti agama semuanya mengharamkan hari ini puasa. Tapi aku barusan di telp bapak, menurut kyai dari Nganjuk (daerah Krempyang, yang punya pondok pesantren dan memiliki murid yang sangat banyak) itu ada kitab-kitab tertentu yang menyatakan tasyriq itu dua hari setelah hari raya (sabtu dan minggu, sehingga senin boleh puasa). Kasus nya kayak ada ga nya doa qunut diwaktu Subuhan. Kalo bapakku lebih suka menyerahkan semuanya padaku, mantep yang mana. Bapak ibu sie mantep puasa… Aku??? -_-‘

Karena mamang,,,ya cari amannya. Akhirnya aku maem coklat dweh..banyak lagi…enak`e.. :p (meskipun enak..rodok eman juga sie..soale puasa wajibnya blum terbayar…)

IMG_0674

Ditengah2 maem coklat… salah satu dari temenku bilang, kalo hari tasyriq itu tiga hari, dimulai dari hari raya ampe dua hari kedepannya, jadi sah-sah aja kalo sebenernya hari ini puasa…. (dia juga ahli agama).

Argh….!!!!

Coklat yang tak makan jadi terasa nyangkut di tenggorokan. Gitu kok dy lama banget mbalesinya…aku kan jadi gak percaya ma bapakku,,,,gda orang lain yang menyatakan kitab-kitab tersebut bisa jadi referensi yang sama…. πŸ™ Padahal hasrat untk puasa masih besar…

Ya sudahlah.. Gda guna nya konflik batin… Karena kehidupan itu harus memilih. Aku harus milih,Β  manteb kalo hari ini masih hari tasyriq, jadi maem aja (dasare dah luwe..xixixixi… ;p). Lagian besok juga masih bisa puasa.

Menurut sumber yang ku peroleh dari rumayso.com, hari tasyriq adalah hari makan, minum dan berzikir.

Makan dan Minum di Hari Tasyriq untuk Memperkuat Ibadah
Hari tasyriq disebut dengan hari makan dan minum, juga dzikir pada Allah. Hal ini pertanda bahwa makan dan minum di hari raya seperti ini dapat menolong kita untuk berdzikir dan melakukan ketaatan pada-Nya. Dengan inilah semakin sempurna rasa syukur terhadap nikmat dapat menolong dalam ketaatan pada Allah. Oleh karena itu, barangsiapa menggunakan nikmat Allah untuk bermaksiat, berarti dia telah kufur pada nikmat.
Maksiat inilah yang nantinya akan menghilangkan nikmat. Sedangkan bersyukur pada Allah itulah nanti yang akan menghilangkan bencana. Semoga kita dimudahkan untuk beramal sholeh dan selalu dimudahkan mendapat ilmu yang bermanfaat, juga semoga kita termasuk hamba Allah yang bersyukur atas segala nikmat.

Jadi… Hari ini aku ga shaum… Niat makan dan minum yang bergizi agar selalu bisa berdzikir padaNya, selalu bersyukur atas nikmat yang diperoleh… dan semakin mencintaiNya…

Semoga kita termasuk orang yang beruntung di jalanNya.

Amien.

^_~



4 Responses to “Ga boLeH ShAuM.. -_-“”

  • cencen Says:

    amien.. insyaAllah difana niat beribadah udah dicatat sebagai amal baik.. jadi gak usah ngresulo ya.. πŸ˜‰
    tetap semangat ^^

  • diva Says:

    amien…udah ga ngresulo..
    wez maneb aja…gitu aja kok repot.. (gus dur mode on..) :p

  • listiyono Says:

    niat yang baik insyaalloh dapat amal kebaikan..dan jangan menjalankan sebuah perbuatan jika itu masih meragukan..apalagi jika itu tidak menyangkut sesuatu yang prinsip dalam agama..apalagi jika itu sesuatu yang hukumnya sunnat..tapi memang perlu cari pendasaran yang kuat dan logis tentang sebuah perbuatan..jika menyangkut praktik ber’agama’…setelah itu lakukan sesuai dengan mantapnya keyakinan..keraguan hanya akan meruntuhkan kuatnya keyakinan itu..

  • diva Says:

    @pak lis:okey2 pak…makasie ya bapak dosen… ^_~

Leave a Reply