Martapura, “Bangil”nya Kalimantan Selatan

PC120001Martapura, kota santri yang memiliki berjuta pesona. Kota yang dikenal dengan sebutan seribu sungai ini memang memiliki dataran yang lebih rendah dibandingkan dengan daerah lain, sehingga bentuk rumahnya berupa rumah panggung. Unik, ternyata rumah panggung masih bisa mudah ditemukan di daerah Kalimantan Selatan (yang biasanya cuma bisa liat di tipi kini di depan mata ^^). Rumah panggung terbuat dari kayu besi atau kayu ulin. Disebut kayu besi karena memang ketahanannya yang luar biasa, umurnya bisa lebih dari 50 tahun!!!(bisa ampe jadi nenek2 aku…) PC120115Selain memberikan efek dingin, kayu ulin juga memberikan efek nyaman low… Cozy abis gitu… kayak di villa-villa mahal di daerah Batu, Malang. PC120062

Tapi ingat, rumah panggung memiliki aspek negatif. Coba bayangkan, hampir sebagian besar rumah penduduk menggunakan kayu sebagai bahan utamanya!!! Hik… Hutanku…. Hik… Hutan kita… :’( Ga heran kalo tiap tahun berhektar-hektar lahan gundul… habis di babat untuk keperluan manusia. Serba salah sich… diantara dua pilihan, mau melestarikan adat atau melestarikan alam??? >_<

Di Jawa, Bangil terkenal sebagai kota santri yang khusuk, demikian juga di Martapura. Jika bulan puasa tiba dan kebetulan kita menginap di sekitar Kalimantan Selatan, ada PERDA nya untuk menghormati orang yang berpuasa low. Ga boleh sembarangan maem. Jadi sampe kita melas-melas minta diladeni juga ga bakalan disiapin maem disiang bolong. Waduh…. kalo cewek lagi “dapet” piye… ga bisa maem dunk…. (boleh tapi harus cari sendiri Difana….atau belajar masak sono low… -_-“).PC120026

Kalo ngomongin soal makanan, ga lengkap rasanya kalo di daerah baru ga wisata kuliner. Karena geografisnya yang banyak sungai, maka makanan yang berasal dari air paling mendominasi daerah ini. Ada yang berbeda antara makanan di Kalimantan dan Jawa. Kalo Jawa kebanyakan harus digoreng dulu sebelum penyajian, tapi kalo di Kalimantan kebanyakan di bakar . Apa-apa makanannya di bakar. Ikan satinnya ennnnaaakkkkk….. buanget….. warungnya deket pasar (lupa nama pasarnya..seingetku cuma disitu pasar yang paling gede di Martapura)….Hhm… ada camilan buras sebagai pengganjal perut…. sejenis ketan tapi unik rasanya…. gurih-gurih enak…(jadi ngiler nie..) ada juga itik panggang yang dari tampilannya mirip sate domba afrika… (hik…jadi pengen ketemu yang jauh disana… pertama maem sama dia soalnya)…..PC130122

Trus ada ketupat kandangan sebagai sarapan pagi sebelum kembali ke Surabaya…. ^^

Sempet miris liat kondisi rumah penduduk yang daerahnya juga dikenal sebagai kota pendulang intan ini. Mestinya tempat ini dipenuhi oleh rumah-rumah mewah dengan segala fasilitasnya, tapi karena orang-orang disana terlalu lugu, maka kekayaan alam mereka pun tidak bisa dimaksimalkan. Sewaktu disana, aku juga sempet ke tempat pendulangan intan di daerah Cempaka. Busyet….. hawanya panas “banar” (:benar).

PC130130Jadi di tempat yang super gersang tersebut, ada orang yang masuk ke dalam tanah sedalam 20 meter untuk mengeruk tanah kemudian tanah yang sudah diambil itu disemprot dengan air (cara tradisional). Setelah disemprot dengan air, maka keliatan mana yang intan, mana yang pasir biasa. Kalo sudah ditemukan intan-intan mungil (bener2 kuecil bgt… ga bisa mbedain aku) terus digosok, baru dweh jadi berlian. Menurut informasi yang kuperoleh, orang-orang sana jarang ada yang demo, jadi misalnya uang negara “dienthit” pejabat diatas, mereka ikhlas aja… (wah…wah…kupikir orang Jawa yang paling halus, ternyata diluar Jawa ada yang lebih halus.. ck..ck..ck..). Pejabat-pejabat disana adem ayem… Huff…PC130133

Oleh-oleh khas Martapura yang mudah dibawa dan gampang dicari adalah “PERMATA”. Yippy…. sebagai daerah yang terkenal dengan tambang2nya, maka di pasar permata ini ga hanya jual berlian asli… tapi juga menjual yang palsu.

PC140408Tentu saja harganya jauh lebih murah dibanding di Surabaya. Kalo cincin mainan di Pasar Atom seharga 175rb, maka disini cuma 75ribu, hampir dua kali lipatnya y?! Dan modelnya lucu-lucu…. Ga nyesel dweh bisa “nyasar” ke pulau terbesar di Indonesia ini.

Sayangnya aku cuma bisa nyampe Kalimantan Selatan aja….. Belum ke Kalimantan Timur tempatnya suku dayak atau Kalimantan-Kalimantan yang lain… Setiap daerah kan punya keunikkan masing-masing.. Ada yang mau ngajakin??hehehhe…. ^_^

Mimpi Difana salah satunya adalah keliling Indonesia sampe ke pelosok…. Sungguh menyenangkan kalo bisa terwujud. Budaya serta rupa manusia yang beraneka ragam memberikan contoh betapa besar kuasaNya, hanya dari seorang Adam dan seorang Hawa, Indonesia menjadi kaya akan warna. I luv u Indonesia…. Doain aku ya…biar aku bisa mengelilingi mu seutuhnya…. amien…. ^^PC120108



7 Responses to “Martapura, “Bangil”nya Kalimantan Selatan”

  • rizza Says:

    enaknya….
    aq ja ada keluarga disana belum nyampe kesana…
    kapan2 lah tak susul…
    ngomong2 permatanya belum mampir ke malang nieh???

  • diva Says:

    hehhe….aku aja ya yang ke malang… kan aku “JAUHAR”… :p

  • cencen Says:

    aku pengen nyoba moto yang paling bawah.. keren banget e 😀

  • emm Says:

    dalam rangka apo nih div ke kalsel??,,sempet ke pelosoknya ga?? transportnya??, ada warnet ga disitu?? hahaha kok malah wawancara…aku mau PTT lo taun depan…masi milih2 tempat..ditunggu live report nya dari berbagai tempat di indonesia raya…KALTIM?? hmm…ikut aku ta,,aku pny “kenalan” lih disana hahaha

  • diva Says:

    @cencen:aku siap jadi modelnya….xixixixi… ^^
    @mbak emma:dalam rangka nemeni temenku yang lagi nyari naskah untuk skripsi mbak..jadi aku sebagai pengamat aja… ;p
    sempet ke pelosoknya mbak…naek motor (sodaranya tmnku minjemin sepeda motornya)…naek bemo (sekali naek 3000rb, tapi lebih bersih n nyaman daripada bemo di sby)…kalo taksi mahal…
    keadaannya rodok memprihatinkan,,,tapi jadi tau..ada yang lebih ndeso daripada kertosono…xixixi..
    Kaltim?dwuh..senengnya…disana banyak suku dayaknya mbak (penganut kepercayaan masih mayoritas low)…aku belum pernah kesana..jadi gbs ngasih gambaran… 🙁
    jatim n jateng aja dah beda budaya…apalagi kalsel n kaltim mbak…ntar kalo dah disana…cerita2 y mbak… (ato kalo diijinkan, bertamu disana…xixixi..)
    ^_^

  • rizza Says:

    halah…lek nang malang gag tau nggoleki aq ae…
    :'(

  • diva Says:

    @rizza:biasane aku nang malang kuwi sedelut low riz….tapi untungnya kita masih ketemuan ya…meskipun setahun sekali..hehehe…coba bayangin..ama wulan aja aku dah lama bgt ra ketemu low..padahal omahe yo cedhak…hehehe…semoga kita cepet2 ketemuan maneh yo..sumpah…aku kangen ama weluter`s… >_<

Leave a Reply