The Legend of Lotus

Beberapa hari yang lalu untuk pertama kalinya saya nonton dan menikmati teater Enjuku di Gedung Kesenian Jakarta bareng suami dan sepupu, Shinta. Teater Enjuku adalah teater musikal berbahasa Jepang yang beranggotakan mahasiswa/i di seluruh Jakarta. Pada dasarnya, belajar bahasa memang harus aktif dan dipraktikkan. Dengan menjadi anggota Enjuku yang rutin mempersembahkan tontonan yang apik, mau ga mau mereka harus belajar, menghafal, dan beraksen bahasa Jepang! Keren banget ih idenyaaaaa… Kalau lihat begituan, pengen jadi mahasiswa lagi rasanya.. Hahaha..

3

Nah.. Kebetulan adik ipar saya, Dimas (begitu keluarga kami memanggilnya, tapi kalau dengan teman-temannya dia dipanggil Ario), menjadi salah satu senior yang masih aktif berakting di Enjuku. Padahal lulusnya udah lama, tapi kontribusinya masih dinantikan di Enjuku. Sampai dikirim ke Jepang berkali-kali (dan sepertinya tahun ini dia mau ke Jepang lagi, titip oleh-oleh Paman! wekekeke).

4

Pertunjukkan teater Enjuku yang saya tonton kemarin menceritakan tentang kolam Lotus yang dimiliki oleh keluarga Misawa yang baik hati. Biasalah, kalau ada orang baik, pasti ada yang sirik saja, namanya keluarga Aoyama. Nah, keluarga Aoyama ingin memiliki kolam Lotus yang sangat indah ini dengan berbagai cara, tak peduli meskipun cara tersebut dilakukan dengan sangat kotor. Plus Keluarga Aoyama ini punya dendam karena anak lelakinya ditolak oleh anak perempuan keluarga Misawa.

Setelah berhasil memfitnah serta membuat keluarga Misawa berantakan, ketujuh Lotus yang disayang-sayang keluarga Misawa ini ingin melakukan pembalasan dendam. Mereka tidak mau menjadi milik keluarga Aoyama. Mereka meminta kepada makhluk sakti berbentuk ikan bernama Ibushigoi untuk dijadikan manusia. Ibushigoi berkenan mengabulkan permintaan mereka tapi dengan satu syarat, mereka hanya bisa hidup menjadi manusia selama 4 hari saja.

Dibantu oleh anak dan mantan calon suami anak perempuan keluarga Misawa, Lotus-Lotus ini berhasil membalas dendam keluarga Aoyama, dengan menyerahkan mereka ke pihak berwajib, serta bisa mengembalikan nama baik keluarga Misawa. Akting mereka heroik sekali lho! Setelah misi mereka sukses, Lotus-Lotus ini kembali menjadi bunga dan mati. Sejak saat itu, bunga Lotus yang hanya sanggup mekar selama 4 hari saja menjadi sebuah legenda. Good job for them… Keren banget aktingnya, lagu-lagunya, suaranya, musiknya, kostum, make up-nya, pokoknya ga nyesel deh lihatnya. Boleh lah kapan-kapan diulangi, hehehe. Selamat berlatih ya Enjuku. Saya siap nonton lagi (insya Alloh)!

25



Leave a Reply