Togetherness With Them

-Bersahabat dekat dengan seseorang itu membutuhkan banyak pengertian, waktu, dan rasa percaya. Dengan semakin dekatnya masa hidupku yang tidak pasti, teman-teman adalah hartaku yang paling berharga- Erynn Miller.P1180065

“Menurutmu, kejadian menarik apa yang paling berkesan selama hampir empat tahun di Sastra Indonesia `06?”, tanya Mamad selaku moderator setelah Ragil menunjukku untuk memulai season curhat malam terakhir di villa, Batu.

Berdehem sejenak. Kemudian menikmati wajah para sahabatku beberapa detik. Pemandangan yang mungkin kurindukan di tahun-tahun mendatang. Dan memoriku seakan kembali ke tahun 2006.

“Kejadian menarik yang paling berkesan selama hampir empat tahun di Sastra Indonesia`06 adalah bertemu dengan sahabat-sahabat seperti kalian. Tanpa kalian, mungkin kondisi ku tidak akan seperti ini. Jujur, pada awal kuliah aku sempat kecewa karena pilihan pertamaku gag masuk (baca: Hubungan Internasional). Apalagi liat fakultas yang keliatane masih balita. Sempet drop juga saat itu. Tapi setelah kupikir-pikir, Alloh itu selalu memberikan apa yang umatNya butuhkan, bukan memberikan apa yang umatNya inginkan. Dengan bermodal positif thingking, kujalani saja takdirku sebagai Difana Jauharin di usia 18tahun. Dan aku ngerasa bersyukur di`tempatkan` Alloh di FIB bersama kalian.”

P1000506Ternyata Fakultas Ilmu Budaya ini duniaku banget. Baca dan tulis. Suatu pekerjaan yang simple tapi menurutku penuh kejutan di setiap aktivitasnya, jg tak lupa menyehatkan jiwa. Bertemu dengan mereka semua. Hal-hal baru gag luput dengan mereka. Walah….jadi inget empat tahun yang lalu. Ospek yang mengerikan di jelajah malam dengan password “Mereka Bilang Saya Monyet” di setiap posnya untuk mendapatkan tanda tangan “kelulusan”. Sedikit terhina dengan password itu, tapi karena malem2, akhirnya kami mau juga ngehafalin twuh id yang kemudian menjadikan tim ku sebagai tim terkompak (ciiieee..). Hehe… dulu aku kok bisa ya jalan sendirian di hutan yang rimbun, adem pisan sampek menusuk tulang2ku… (ck…ck..ck.. nggumun dewe). Malam Chairil Anwar yang seru dengan sajian atraksi dari angkatan kita (cece n pakde yang sempet jadi gosip hangat di kalangan kita, chiko yang cantik bgt, vegol, nungki, mamad menari dengan siluet yang seksi), dan gag lupa dramaturki!!! “Perahu Retak” yang mentransposisi wujud perempuan menjadi laki-laki (karena kekurangan jumlah lelaki). Applause buat Perahu Retak kita…meskipun peranku sangat kecil  (batu memang gampang pecah—-hohoho), tapi latihan yang disiplin (latihan pernafasan, lari-lari keliling universitas, latihan pengimajinasian sebuah benda) membuatku menyenangi drama sepaket dengan pembuatannya. Jadi pengen ikut berdrama-drama lagi….

P1190107Yach…kok jadi ngomongin dramaturki. Kembali lagi ke villa dweh… Curhat malam menjadi ajang yang mengharukan. Setiap orang mengungkapkan perasaannya sejujur-jujurnya. Icha, Nita, u r my best friend.. (hik..kok cepet banget ya kebersamaan kita…) Leniy yang sabar, Vega yang cerdas, Anton yang smart dalam berhitung, Fendy yang sabar bgt dengan kepompong sebagai additional player, xixixi…dan teman-teman lain yang tak bisa kusebutkan satu per satu (kyok opo wae yo..). Selain mengungkapkan perasaan masing-masing, malam itu juga dijadikan ajang pemilihan nyak babe (kayak abang none gitu). Dan aku harus puas di urutan nominasi terlugu (lucu-lucu ngguaplek`i), ternasis (mosok narsis tho??perasaan aku pemalu dweh..hehehe), dan segelintir orang yang menjadikan aku mahasiswa favorit. Tapi ternyata temen2ku lainnya ada lebih lugu (Ragil pemenangnya), narsis (komting 06, meskipun ga ikut), n favorit (Intanol n Pakde). Onok-onok ae kategorine.

P1190114Sebenarnya setiap tahun, angkatanku selalu mengadakan acara nginep bareng di villa2 yang gag jauh dari Surabaya (Tretes n Batu). Dulu pernah berencana ke Bali ramai-ramai, tapi kendalanya sangat banyak. Akhirnya Intan selaku ketua Cake (nama acara kumpul2 ini) abadi, menjatuhkan Cake ini diadakan di Batu dengan villa yang bagus bgt punya`e mbah`e Wildan. Di tahun-tahun pertama aku selalu ga bisa ikut karena terbentur dengan  liburan bareng keluarga. Karena aku merasa ini moment yang ga boleh dilewatkan (karena insyAlloh mau lulus tahun ini), akhirnya sepulang dari Green Canyon ak langsung meluncur ke Batu.

P1180087Hari pertama sebelum acara Curhat Malam, diisi dengan jalan-jalan di Jatim Park dari pagi ampe siang, dan sore sampe malem hari di Batu Night Spektaculer (bener2 hari yang melelahkan). Pada hari kedua diisi dengan jalan-jalan di pematang sawah n bermain games yang semakin mengakrabkan teman-teman. Oiya… akhirnya aku bisa juga maen uno (meskipun sering bgt ngucut twuh kartu –kalah mode on). Maemnya dimasakin ama Ummu low. Bener2 lezat bgt masakan nie anak. Dan sayur mayurnya diambil di kebun belakang villa. Enaknya hidup di desa..kalo butuh tinggal petik.

Acara terakhir sebelum pulang, adalah tuker kado. Tiga hari sebelum kepulangan, kami diwajibkan memperhatikan salah seorang teman tanpa sepengetahuan dia dan memberikan hadiah yang mewakili teman yang kami perhatikan. Aku diperhatikan Yana, tapi yang dia soroti kok tidurku thok tho? Emang parah bgt tho? Dari Yana asal Madura ini aku dapet bunga lili warna putih. Seneng bgt dweh ama warna putih.. Dini yang beruntung kuperhatikan (halah..beruntung). Kerjaane nie anak twuh uthek2 rambut mulu…(peace din). Tiap masuk kamarnya ada aja, yang di roll, yang disisir, di depan kaca, pokok`e women bgt lah!! Dia kuberi permen, habis seleranya hampir sama kayak aku. Suka tahu, suka sayur dengan kuah yang ngecembeng, dan aku suka permen, jadi dia tak kasih permen dweh…hehehe…

P1200195Pulangnya gag lupa beli bakpo telo n belanja di pasar lawang. Dan yang kubeli cuma krupuk upil (paling suka ma camilan yang satu ini…meski ga seenak krupuk Kediri tapi lumayan lah…olah raga mulut, hehehe…).

Di dalam bis yang mengangkut kami pulang, kami membuat rencana di tahun 2020 (atau 2030 ya??lupa`e…ntar aja dweh nanya temen2 lagi) bisa kembali bertemu dengan keadaan masing-masing. Tapi liburannya ga naek bus lagi, tapi nyewa pesawat. Hehehe… Amiiiiennn….

P1200182

Cake ala Sasindo`06…. I luv u all guys…



9 Responses to “Togetherness With Them”

  • diva Says:

    *foto2nya dilanjutkan beberaa hari lagi ya…mau berangkat kkn nie,,, ^_^

  • cencen Says:

    coba kutebak.. tadi pasti gak bisa ngelanjutin upload foto.. hehe lha space mu habis.. tapi udah beres sekarang.. 😀
    lain kali kalo uload foto jangan besar besar ya ukurannya.. sayang kalo yang tampil juga cuman kecil.. 😉

  • diva Says:

    padahal udah tak kecilin low ukurane…
    emng seharusnya dijadiin berapa persen dari ukuran aslinya?

  • listiyono Says:

    selalu menulislah, karena lewat tulisan dunia ini bisa berubah..jadikan menjadi sebuah karya yang monumental..suatu saat pasti berguna..lihat curhatnya Uncle Tom’s Cabin (Harrier B. Stowe) yang mengubah Amerika Serikat menjadi saat ini..juga bermula dari sekedar curhat kemanusiaan..sukses ya

  • cencen Says:

    maksudnya dikecilin dulu ukurannya di komputer.. baru diupload.. selain proses uploadnya lebih cepat. juga hemat tempat.. tapi kalo tetep gak papa sie.. ntar ku yang beresin aja.. sekalian jadi foto besar yang dipdip upload pindah ke rafly aja.. heheh

  • diva Says:

    @pak list:terima kasih banyak pak…mohon bimbingannya selalu… 🙂
    @cencen:udah tak kecilin jadi 20% low…tapi kok tetep gede ya…

  • cencen Says:

    pake apa kecilinnya?

  • Anonymous Says:

    pake open with picture manager…trus tak resize..

  • cencen Says:

    iya.. udah mendingan ini.. sip… 😉

Leave a Reply