Taman Tirtoyoso Kediri

Nahhh.. Baru kali ini saya ke Taman Tirtoyoso Kediri, tidak untuk berenang, tapi benar-benar ke tamannya, hehe. Sebelumnya, Taman Tirtoyoso ini terkenal dengan kolam renangnya. Dulu zaman saya masih SMA, kolam renangnya cuma ada dua, yang besar dan yang kecil. Sekarang, dalamnya sudah direnovasi besar-besaran, terutama bagian kolam renang anak-anak. Jadi seperti mini waterpark-lah.. cukup kalau bikin Fazna senang, hehe. Tapi kali ini kami tidak masuk kolam renangnya, karena kami main di tamannya. Di tamannya ada apa saja ya?

Ada taman kelincinya! Meskipun di sekolah Fazna ada kelincinya juga, tapi dia happy banget bisa pegang, gendong, dan kejar kelinci sepuasnya. Seingat saya, masuk taman kelinci ini ga bayar deh, cuma bayar parkir doang. Sebaiknya, kesininya bawa makanan kelinci ya, biar kelinci-kelincinya mau semakin dekat dengan kita.

Kalau yang di kandang itu ibu kelinci habis melahirkan, jadi ada anak kelinci yang masih kecil-kecil, lucuuuu…

Setelah puas bermain kelinci, Fazna dan sepupu-sepupunya main yang berbayar, antara lain odong-odong, nangkap ikan pakai jaring, dan lain-lain. Per-permainan dikenakan biaya Rp 10.000,- per anak.

Yang terakhir adalah bermain panah. Selain Fazna dan saya, semua keluarga juga ikutan nyoba memanah lho! Jujur ini pertama kalinya saya ikutan belajar memanah. Ya ampun.. ternyata susah yaaaaa.. Ga segampang kelihatannya. Butuh konsentrasi dan fisik yang kuat agar anak panah tepat sasaran. 10 anak panah dikenakan biaya Rp 60.000,-. Lumayan jadi bisa giliran nyoba, wkwkwk. Bagian tubuh yang paling berasa “diolah” dari olahraga ini adalah bagian lengan. Baru nyobain melepas 2 anak panah saja berasa cenut-cenut, hahaha.. Ketahuan malas berolahraga nih!

Segala sesuatu yang tidak mengandung dzikrulloh padanya maka itu kesia-siaan dan main-main kecuali empat perkara, yaitu senda gurau suami dengan istri, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang. (HR. An-Nasai)

Sebenarnya banyak hadist yang membahas tentang keutamaan memanah, senang sih kalau bisa rutin melakukan olahraga ini, tapi saya memilih untuk berenang atau mengajarkan renang Fazna saja deh, hehehe. Karena yang dekat rumah Cinere itu kolam renang umum, bukan tempat memanahnya, hehe.

So far kami semua happy main di Taman Tirtoyoso ini. Selain murah, tempatnya tidak terlalu jauh, kegiatan-kegiatannya pun lumayan untuk mengisi hari libur kami. Selamat mencoba ya warga Kediri!



Leave a Reply