First Week in Candi, Sidoarjo

P2020241Sidoarjo bersimbol udang dan bandeng pada huruf “S” nya, layaknya “S” yang terbentuk dari hewan hiu dan buaya pada Surabaya. KKN BBM (Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat) Unair ke 41 kali ini dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Surabaya, Sidoarjo, dan Bojonegoro (mahasiswanya yang paling banyak ada di Sidoarjo). Seluruh pelosok desa yang ditunjuk mendapat sentuhan praktek ilmu yang kami dapat setelah hampir empat tahun ini di fakultas masing-masing. Seperti kata orang, mahasiswa selalu berada di menara gading, melihat dan berpikir segala sesuatunya sangat perfeksionis. Program ini bertujuan untuk kita sebagai mahasiswa, setelah terjun di masyarakat, bukan lagi berdiri di menara gading, tapi berdiri di menara air yang bisa menerangi “para nelayan” yang sedang membutuhkan bantuan cahaya.

P2020239Dari 13 fakultas yang ada di Unair, yang gag ikut KKN adalah FKG dan FK. Soalnya mereka langsung praktik di rumah sakit (rodok gag adil sie…habis masyarakatnya kan juga butuh sentuhan dokter. Jadi, insyAlloh KKN semester depan semua fakultas diterjunkan dweh). Alhamdulillah aku ketempatan di daerah Sidoarjo. Sebenernya pengen di Bojonegoro (pengen tau tempatnya, gag pernah kesana sich) berhubung ga bisa milih, akhirnya disyukuri aja dweh. Kalo liat kondisi di Sidoarjo, gag kebanyang kalo ditempatin di Bojonegoro.

P2020252Waktu berangkat ampe nyampe di Desa Kendal Pecabean, Kecamatan Candi rodok aras2en sech. Lagi badmood keliatannya, jadi bawaannya males senyum (tapi kalo difoto tetep harus smile!!hehe). Bertemu dengan teman-teman baru membuatku harus mulai beradaptasi lagi. Melihat semangat temen2 yang ingin membangun desa yang satu ini membuatku harus berpikir ulang. Kapan lagi bisa kayak gini, ikhlas gag ikhlas kan KKN tetap berjalan, jadi milih ikhlas aja ya?hehe… (diniati ibadah).

P2020247

P2020243Keberangkatan dimulai dari Auditorium Unair yang terletak dikampus C. Banyak yang naek motor sendiri, tapi aku milih amannya dweh, jadi naek bus kota yang disewa Unair untuk rombongan kami. Sempet bikin kemacetan yang panjang, habis bus yang disewa banyak bgt n jalannya jejer2…dikawal polisi pula…(kayak rombongan haji lewat gitu –amien-). Setelah perjalanan sekitar 45 menit, rombongan Sidoarjo diterima di Pendopo Kabupaten Sidoarjo (kalo yang di Surabaya n Bojonegoro mesthinya juga diterima di masing-masing pendopo). Agak lama sie sambutannya, habis baru kali ini Unair bekerja sama dengan Sidoarjo (angkatan pertama). Sehabis dari kabupaten, kami diantarkan ke kecamatan kemudian ke desanya.

P2030152Tempat tinggal masing-masing kelompok selama sebulan beda-beda. Ada yang di rumah penduduk, ada yang ngekost (mbayar), dan alhamdulillah kelompokku ditempatin di balai desa yang masih tergolong bagus dan baru dengan harga cuma-cuma (belum ditanyain sich ke pak lurahnya, xixixi..). Setelah beres-beres, kami didatengi anak-anak kecil (warga setempat) yang keliatannya seneng banget ngeliatin kami. Mestinya kami yang mencoba bergaul lebih dulu dengan mereka, tapi kenyataannya mereka dulu yang coba mengajak kami untuk berkenalan (meskipun capek harus tetep ngeladeni mereka).

P2040291Setiap kelompok berisi sekitar 21 orang dari berbagai macam jurusan dan kerjanya dibagi menjadi empat bidang. Bidang pendidikan, kewirausahaan, kesehatan, dan lingkungan. Aku yang dasarnya suka anak kecil masuk di bidang pendidikan. Mengajarkan sesuatu kepada anak kecil menjadi pengalaman baru yang menyenangkan bagiku (sebelum punya baby sendiri tentunya, hehe). Di Desa Kendal Pecabean ini hanya terdapat satu SD dan satu MI. Aku sendiri punya program kerja “Taman Bacaan” yang sampai saat ini belum terealisasikan. Awalnya aku minta sponsor dari Togamas agar dapat menyumbangkan buku untuk SD dan MI, tapi ternyata yang minta sumbangan buku bukan kelompokku aja. Ada sekitar 68 kelompok (dari Unair juga) dengan tujuan yang sama pada Togamas, jadi keliatannya programku gagal dweh. Meskipun begitu, bukan berarti aku nganggur ga da kerjaan low, namanya juga satu tim, jadi kalo temen yang lainnya punya program kerja ya harus dibantu.  SD Kendal Pecabean menurutku lebih pintar dan gampang diatur jika dibandingkan anak MI. Ada kelebihan dan kekurangan pada masing-masing siswa. Kalo di SD lebih maju di mata pelajaran umum, kalo di MI yang maju agamanya (anakku ntar tak masukin SD atau MI ya? Xixixi…udah mbayangin lakokne). MI itu cara ngajarnya lebih seperti Laskar Pelangi. Kelasnya serba “terserah”. Rodok “cegek” juga, habis kami diberi keleluasaan untuk bisa melakukan apa aja didalam kelas.

Di bidang pendidikan, program yang sudah berjalan adalah cara melipat kertas untuk membuat bentuk2 yang lucu. Fungsi dari proker ini agar dinding kelas-kelas MI (yang kosong melompong, bahkan gda jam dinding sama sekali di semua kelas. Apalagi bel penanda pergantian jam pun mati pet) menjadi lebih berwarna.

P2080214Selain lipat melipat kertas, program lain yang sudah berjalan adalah memberikan bimbingan belajar setiap habis maghrib. Siswanya banyak banget…. (dari MI maupun SD). Jadi setiap mahasiswa diberi tanggung jawab perkelas-perkelas gitu. Antusiasnya patut diacungi jempol dweh. Aku kebagian anak kelas dua. Ternyata gampang-gampang susah. Ada yang mudah diberi materi (nyenengne kalo kayak gini), tapi ada juga yang waktu tak kasih pertanyaan “3×5” jawabnya “8” (glodak). Sabaaar…sabar…

P2080227P2060324Di bidang kesehatan, program yang sudah berjalan adalah penyuluhan gosok gigi dan prakteknya. Waktu penyuluhan di MI, anak2nya rameee…banget. Ruangan dari kelas yang satu dengan kelas yang lain mudah dijangkau. Jadi ketika penyuluhan berlangsung (untuk kelas satu dan dua) siswa-siswa dari kelas lain nimbrung dan membuat kegaduhan luar biasa. Masing-masing dari kami hanya bisa menghela nafas dan mencoba untuk menguasai keadaan (tapi hanya berjalan beberapa detik, kemudian ramenya menggila lagi). Setelah penyuluhan selesai, saatnya praktek gosok gigi. Ternyata mereka masih banyak yang belum paham. Malah ada yang ampe berdarah.

P2060334Diajari lagi dweh pelan-pelan. Seneng low llihat mereka bahagia dapet sikat gigi gratisan. Semoga tetep rajin gosok gigi ya dek!! Biar giginya ga ompong sebelum waktunya.

P2070378Di bidang kewirausahaan, program yang sudah berjalan adalah mendatangkan motivator, agar warga setempat lebih giat bekerja. Motivator yang didatangkan berasal dari Unair sendiri low. Masih seumuran aku, tapi sudah berpenghasilan jauh melebihi apa yang bisa didapat seusia kami. Kuliah di jurusan akuntasi 2006, Mas Fuad namanya (pake mas, soalnya “mutu” –muka tua- hehehe..) dan sama2 sedang KKN. Waktu memotivator ibu-ibu, bapak-bapak, serta karang taruna (sasaran utamanya) banyak yang menangis low (tapi aku dan teman-teman gag`i, dah menter be`e…xixixi).

P2070397

Di bidang lingkungan, baru minggu ini prokernya mulai berjalan. Kami dapat 20 pohon sengon dari dinas pertamanan. InsyAlloh akan melakukan kerja bakti antara kelompokku dengan masyarakat setempat. Semoga global warming bisa dikurangi meski pohon yang kami tanam masih mungil dan sedikit. Amien.

P2040302Alhamdulillah desa tempat kami bernaung memiliki pak lurah yang sangat bijaksana. Segala keluh kesah kami ditanggapi dan beliau mampu memberi masukan yang berarti. Malahan kami pernah diundang makan besar. Makan-makan di siang hari dengan berbagai macam lauk pauk yang enak2. Mantap!!

P2040313

Tempat tidur lelaki dan perempuan dibedakan. Ada ruang dapur nya juga low.. (minus kulkas). Sebenernya ruang ini untuk sepeda motor, tapi karena setiap masak kamar kami jadi bau gag karuan, akhirnya garasi disulap jadi dapur juga (hehehe). Jadi ruangan netral juga yang berfungsi sebagai tempat rapat.P2090415

P2090417

P2080410Disini kami gag hanya “spaneng” dengan program kerja aja low. Sore hari kami bisa main voli dengan teman-teman baru, yang cowok maen sepak bola ma anak-anak kecil. Dan ketika gag ada yang dikerjakan, kami pun bisa jalan-jalan di kotanya Sidoarja. Sun City nama mall nya. Meskipun ga sebesar mal-mal di Surabaya pada umumnya, tapi cukuplah kalo hanya untuk nongkrong dan makan malam.

P2060342P2060347

Hanya seminggu kami di Desa Kendal Pecabean tapi begitu banyak yang bisa kami dapatkan. Semoga minggu-minggu yang akan datang program-program kami dari berbagai bidang bisa berjalan sesuai yang diharapkan. Amien.

P2090414



11 Responses to “First Week in Candi, Sidoarjo”

  • cencen Says:

    Amien.. semoga para nelayan bisa mendapatkan cahaya dari menara air mahasiswa KKN Unair untuk lebih terampil mencari ikan di laut lepas dan lebih cerdas.. semangat ya ngajar anak anaknya.. bayangkan kalau.. apa ya? hehe

  • diva Says:

    bayangkan apa???? 🙂

  • emm Says:

    hehe…iyah kita gag pernah KKn dif…tapi bukan berarti kita gag terjun ke daerah2 gn say… program KKn udah dimasukin program kurikulum kita,,pas kuliah dan pas di RS..namanya community medicine.., jadi total 2 kali. dulu aku di rumah yang belum ada jambannya dif,,jadi pagi2 kalo kebelet mesti lariiii melewati 5 blok dulu,nunut di rumah pak carik…hahaha,,trus pas udah koas di bandar,,deket rumahmu situ dif,,banyak lo yang blum pny jamban..tapi di asrama ku udah ada sih,,meski asrama nya kayak rumah hantu,,,hihihi

  • diva Says:

    hah??hi…ngeri dunk mbak…
    alhamdulillah balaiku ini udah ada jambannya…
    sebenernya di sby sendiri banyak low yg blum ada jamban..kayak di depan kostku daerah srikana situ…jadi tiap pagi ngeliatin anak2 kecil “nabung”.. -_-“

  • nadhroh Says:

    wah..di sana sampe kpn rin? ntar nek aku mulih ta’sambangi deh di candi. kan deket tuh sama tptku, larangan.

  • diva Says:

    oiya tha mbak???bollleehhh…katanya mbak dina juga pengen kesini…tapi masih sibuk dirumah…
    sampe tgl 28feb…sekitar 2 minggu lagi.. ^_^
    kabari ya mbak kalo mau kesini…

  • Fuad HAsan Says:

    Siiip bangtz

  • fahmi Says:

    Maaf, kbetulan nemu blog ini. Kbtulan blog ni keliatan di FB tmenku Unair, ada blog ini, di foto2 yg sdg KKN sama2 kalian semua.slm kenal sblmnya, calon(dulu) temen satu SMA di KDR.hehehe…cerita KKNnya sgt menarik sekali, mirip dgn bnyak kisah KKN saya dlu jga. Sukses buat KKNnya.

  • diva Says:

    @fuad:mkaasie…ayo tukeran link…
    @fahmi:sami2…. 🙂

  • get Says:

    Kangennn difana… : )

  • diva Says:

    @huget:hehehe…fotomu hampir gda ya…kmu jarang nongol sech…

Leave a Reply