Third Week in Candi, Sidoarjo

P2140544Minggu ketiga menjadi minggu-minggu yang paling sibuk, dimana kita harus mengikhlaskan pikiran dan tenaga untuk warga setempat. Semua divisi bekerja pada bidangnya masing-masing. Cukup capek dan jadi gampang laper (emng dasarnya suka maem..xixixi). Padahal maeman harus beli ato masak dulu kalo mau maem. Gag jarang kita dibawain tetangga-tetangga udang-udang yang besar2…hehehe… (ojo ngiler). Ga hanya udang, makanan ringan pun juga sering dikirimi. Makasie ya bapak-bapak ibu-ibu setempat.

Tiga minggu berkumpul dalam satu kamar dan sering berinteraksi dengan mereka membuat kita mengerti kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ada beberapa teman yang hanya menerima kelebihan tapi susah untuk memahami kekurangan teman yang lain. Padahal, setiap kelebihan itu menuntut suatu kekurangan. Apalagi dalam suatu kelompok pasti ada aja yang ga klop, sempet ada yang bikin kres low, sampai acara nangis-nangis karena salah paham. Alhamdulillah dalam ketegangan yang cukup mengkhawatirkan, kami masih bisa mengatasi masalah dengan kepala dingin.

P2180394Acara pertama minggu ini adalah lomba menggambar untuk kelas  4, 5, dan 6, sedangkan lomba mewarnai untuk kelas  1, 2, 3, serta TK A dan TK B. Setiap mahasiswa diberi amanah untuk menjaga jalannya acara tiap kategori. Aku jagain anak TK nya, sambil nunggu acaranya berlangsung, mainan dengan mereka dweh. Polos-polos dan masih bisa diatur dibandingin anak MI nya.

Hadiah yang disuguhkan pun cukup bermacam-macam. Pemenang pertama mendapat tas sekolah yang unik. Juara dua dapat meja belajar yang bermanfaat. Sedangkan juara ketiga dapat tempat makanan dan aneka alat tulis.

P2180420

Pesertanya dari MI semua, sedangkan SD tidak kami undang karena ijinnya rodok susah. Acara ini diselenggarakan di balai desa, jadi siswa-siswi nya jalan bareng2 dari MI ke balai desa yang jaraknya berkisar hingga 500meteran. Cukup capek untuk anak TK, heheh..  Jadi inget jaman TK dulu, setiap seminggu sekali ngadain jalan2 keliling kota bareng2 habis gitu makan es kacang ijo. Terus salat bareng2 di masjid depan kelas. Hm… masa kecil yang tak bisa diulangi lagi.

P2180573 - Copy

P2170552Belanjanya di pasar Larangan Sidoarjo, murah-murah abis, saking murahnya aku, Reti, n Widya beli banyak barang untuk keperluan di posko (umpel2an di belakang dweh aku). Rodok kecewa dengan gambaran anak-anak sd yang standart banget. Tau kan gambaran yang standart bgt?? Dua gunung, matahari di tengah, sawah di kanan kiri jalan, dan jalannya di tengah. Hm.. cuma yang membedakan masing-masing siswa terletak pada warnanya saja (rodok krik krik krik nie…) Justru ak salut ama anak TK nya, warna yang digunakan berani2, pake crayon pula, jadi mata ini seger ngeliatnya (waktu sd aku paling ga bisa mewarnai pake crayon, mesthi hasilnya jelek, jadi bisane tak arsir aja,,hehehe,,,).

P2190634Acara keesokan harinya adalah donor darah. Setelah seminggu kemarin melakukan penyuluhan, maka pada minggu ini waktunya show off. Ternyata donor darah di Kendal Pecabean ini adalah acara satu-satunya di Kecamatan Candi. Pak Camat ampe mbela-belain dateng low,,donor pula. Temen-temen KKN sebenernya pengen donor juga, berhubung HB nya banyak yang turun (karena kecapeken), alhasil sedikit dweh yang bisa melakukan kegiatan ini. Aku yang berbobot kurang dari 45kg (berat minimal) terpaksa harus melihat2 doank. Sempet ngotot ngisi formulir dan berpura-pura gendut, tapi ternyata HB ny rendah juga. Padahal aku pengen ngerasain donor darah low (sedih dweh). Jumlah darah yang berhasil di kumpulin cuma 13 kantong thok. Padahal target awal minimal 50 buah. Udah tak bela2in jalan sampe ke rumah-rumah tetangga, ngajak orang-orang yang lagi nganggur gda kerjaan n nokrong di teras, tapi sambutannya masih enggan. Hm…payah… Darah sangat dibutuhkan, gda pabrik darah, tapi kesadaran mereka masih kurang. Lagian jadi pendonor darah itu kan menyehatkan. Termasuk acara yang kurang sukses nie.. Hm… ayo donor… donor…donor rek..

P2200682Kegiatan di minggu ketiga ini adalah demo produk kecantikan Viva. Acarany berlangsung sebentar kok, cuma satu jam an. Sempet salah hari low mereka, tapi tetep aja mau dateng di hari yang kami sepakati sebelumnya. Setiap warga yang dateng dapet produk pelembab dan hand body lotion gratis, makanya banyak yang dateng. Masing-masing dari kami juga dapet produk yang serupa. Viva ini terkenal akan bahannya yang ringan dan aman untuk kulit, banyak temen-temenku yang akhirnya mempercayakan kesehatan kulitnya pada produk ini.  Aku yang dasarnya males pake hand body ya tak kasihkan temen2 yang mau aja (sapa mau…sapa mau..).

P2240825 (2)Acara terakhir KKN BBM ke 41 adalah pengecekan tulang dan dapet susu segelas gratis dari Anlene. Antusias warga cukup membuat kami kewalahan tapi senang karena acara ini cukup berhasil. Kalo yang gratis2 gini mesthi okey. Kedatangan Anlene berbarengan dengan posyandu langsia, jadi sesudah cek kesehatan, mereka dipersilahkan konsultasi tentang hal-hal yang berhubungan dengan tulang. Aku juga cek dan hasilnya tulangku masih bagus, padat berisi. Temenku ada low yang mendekati ostoporosis padahal masih muda low, hehehe. Jadi, selagi kita masih muda, gag da salahnya menjaga asupan makanan dan lingkungan.

P2240844 (2)

P2240828 (2)

Setelah kegiatan berakhir, waktunya jalan-jalan. Tanggul Angin tempatnya (kemana-mana yang namanya cewek kok mesthi shoping, xixixi). Sentra tas kulit di daerah Sidoarjo ini kabarnya surut pamor karena efek dari lumpur lapindo. Ada benernya juga sie. Meskipun gag seberapa ramai kayak waktu aku SMA dulu, tapi masih ada yang bertahan juga.

P2180593

P2180590Minggu selanjutnya adalah perpisahan. Perpisahan antara kelurahan, kecamatan, kabupaten. Semoga akan menjadi perpisahan yang tak terlupakan.

P2190651



5 Responses to “Third Week in Candi, Sidoarjo”

Leave a Reply