KKN ku Selesai Sudah…

P2240846 (2)Hampir sebulan yang lalu aku berangkat KKN dan beberapa hari yang lalu pula aku berpisah dengan keluarga baruku. Perpisahan yang unik dan mengharukan. Banyak kisah menarik tak terduga telah terjadi. Mengajar pelajaran terakhir kalinya untuk anak-anak kelas 2 MI Mambaul Ulum n SD Kendal Pecabean 1 membuatku gag bisa marah pada mereka, meskipun mereka memang sedikit bandel. Tempat yang gag kondusif karena rame dan diruangan terbuka, membuat mereka tak bisa fokus pada pelajaran yang sedang dihadapi. Foto-foto, sharing, dan memberikan nomer telp yang bisa mereka hubungi menjadi detik-detik perpisahanku dengan anak-anak yang menyenangkan itu. Ternyata gag cuma aku aja yang bisa membekas dihati mereka (kok pede banget ya aku??hehe..), Risma, Yan, n Pipit dapet hadiah dari anak didiknya low. Hadiahnya macem2, mulai dari topi, pelembab badan, ampe sandal yang ukurannya pas untuk kakak yang menjadi sasaran kasih sayang mereka. Meskipun ak ga dapet apa2 (ya iyalah anak kelas 2 gitu..)..tapi aku cukup merasa senang karena ternyata mereka sangat menghargai apa yang sudah kami lakukan selama sebulan ini. Dan dari kami, buku sebagai jendela dunia untuk kalian. 🙂P2260945P2271012P2271026

P2271037Keesokan harinya, bertepatan dengan acara Maulid Nabi, kami semua diundang ke MI untuk memperingati kelahiran Rasul akhirul zaman. Kayak dibaan gitu acarane, tapi disertai dengan berkatan dan acara perpisahan. Awalnya Amel, sebagai perwakilan dari kami yang “pamit” untuk pergi meninggalkan desa tersebut menangis. Lama-kelaman kami semua (except cowok2), guru, serta anak-anak MI meneteskan air mata. Hik…terharu… Padahal Lutfi (nama anak MI kelas 6) itu paling umek kalo lagi bimbel. Kerjaane lari2 gag pernah nyekel buku. Tapi ternyata hatinya yang paling sensitif. Malam terakhir ampe dibela2in tidur di posko (sambil bawa bantalnya sendiri) bareng kakak cowok2 low (benar2 berat melepaskan ya?hehe…so sweet!!). Oiya, temenku baru sms aku, ngasih tau kalo ternyata dia dihubungi anak-anak Kendal untuk ngajar online. Hehheehe…. Ikhlas kan waktumu teman2… :pP2271024P2271022

Acara perpisahan juga dilakukan di Kecamatan Candi. Sebelum acara inti dari perpisahan, kita memberikan gambaran tentang kegiatan yang sudah dilakukan di masing2 desa dan masalah-masalah yang sebenarnya bersarang di Kecamatan Candi sendiri. Ternyata desaku termasuk desa yang sedikit masalahnya, karena di desa yang lain, masalahnya cukup beragam. Dari desa yang masih banyak helikopter (sebutan untuk jamban yang ada dipinggir kali dan hanya ditutup dengan “gedhek”), ampe budaya masyarakatnya yang kurang bisa mengolah sampah sehingga tempat2 yang seharusnya bersih malah jadi gudang sampah tempat bersarangnya nyamuk Aides Eidepty (jadi bersyukur dweh). Setelah presentasi dan tanya jawab, acara dilanjutkan dengan penyerahan kenang2an berupa piagam yang dipigora. Acara diterusin dengan foto-foto dan “dangdutan”. Busyet dweh…”belah duren” banget..hehehehe…digoyang kang…

P2260960Kendal Pecabean terpisah menjadi (benar2) desa dan perumahan. Sebenernya kami diundang mauludan di kedua tmpat tersebut, tapi kami dianjurkan pak lurah untuk dateng di perumahan aja, karena ada peresmian masjid yang kedatengan wakil bupati segala. Temen2 semangat banget untuk dateng, padahal minim kendaraan karena saat itu di posko cuma ada srikandi2. Alhasil mobil Katana yang nyaman ditumpangi lima orang harus rela ngangkut sepuluh cewek (xixixi,,karena aku rodok mungil, beruntung dweh dipangku paling atas sendiri). Yang gag jilbaban juga jadi muslim banget. Salut utk Reti, yang meski beragama Katolik, tapi berusaha semaksimal mungkin untuk menghormati agama lain. Karena ceramahnya dimulai pukul 10 malam, setengah jam kemudian kami mulai meninggalkan kursi satu per satu. Agak ngrundel juga, habis acara sambutan wakil bupati diisi dengan promosiny untuk maju di pemilihan bupati tahun ini (kayak aji mumpung gitu… Sebenernya acara2 seperti ini boleh disusupi hal2 kyk gini gag sie?) kan jadi ngantuk… Akhirnya pulang dweh..P2260952

P2271053Perpisahan terakhir adalah antara kami dengan bapak2 perangkat desa dan ibu2 PKK. Nasi tumpeng menjadi andalan kami untuk persembahan yang menggiurkan. Tapi keinginan tinggallah keinginan, nasi sudah jadi bubur. Karena kami ngambil tumpeng di catering cepet2 (gag teliti), walhasil gag liat dalemnya dweh. Dan kami dibohongi!!!! Hik..nasinya bukan nasi kuning…tapi isinya nasi putih!!!! Tau lauknya apa??? Keliatan di foto kan… onok iwak klothok`e barang… haduuuhhh…  Entah bagaimana tanggapan mereka tentang kami. Mungin pelit, mungkin ga tau kebiasaan mereka, atau mungkin anak muda zaman sekarang, tapi insiden ini sempet bikin kami pucat pasi…mati gaya…bener2 gag terduga… Maafkan kami… >_<P2271104P2271116

Bagaimana pun juga… aku ngerasa Alloh tak kan pernah salah menempatkan aku disini dan dengan siapa saja yang menjadi temanku. Semua ada maksud dan tujuan.

Terima kasih temen2 untuk kerjasamanya selama ini….dan mohon maaf atas semua kesalahan yang tak kusengaja…. 🙂P2281127



14 Responses to “KKN ku Selesai Sudah…”

Leave a Reply