House of Sampoerna with Him

IMG_0502Rokok menjadi benda yang banyak diminati kaum lelaki pada awalnya. Seiring dengan berjalannya zaman, sebagian wanita menganggap rokok itu aksesoris yang eksotis. Apalagi disaat musim hujan tiba, kedai-kedai pinggir jalan pun menguarkan bau tembakau yang wangi. Ngomong-ngomong tentang kerajaan rokok yang ada di Indonesia, House of Sampoerna boleh dibilang kerajaan yang tak lupa akan nilai sejarah. Letaknya tepat di Jalan Taman Sampoerna 6, Surabaya (dekate JMP). Beberapa hari yang lalu aku sempat berkunjung kesana dengan fotografer abadiku. Disana kami menemukan sejarah dari suatu masa yang begitu menarik untuk diikuti. Meskipun tidak ada guide disana, tapi kita bisa menemukan “box pintar” yang bertugas memandu kita lewat sentuhan tangan kita sendiri.

IMG_0517

Dagang tak pernah bisa lepas dari etnis Cina, begitu juga dengan pendiri HOS (House of Sampoerna). Ayahnya yang berasal dari desa Anxi (1898), propinsi Fujian ini berlayar hingga ke Indonesia ketika Seeng tee masih berumur 5 tahun (pendiri cikal bakal HOS). Ketika ayahnya sudah merasa tak kan hidup lama lagi, maka dia menitipkan Seeng tee muda ini kepada pamannya yang ada di Bojonegoro.

IMG_0527Di umurnya yang masih muda 11 tahun, Seeng tee sudah memiliki naluri bisnis dan kerja keras. Ia menjajakan makanan di dalam gerbong kereta api kelas bawah, rute Surabaya-Jakarta. Selama setahun dia bekerja seperti itu, akhirnya dia mampu membeli sepeda pertamanya (menyenangkan sekali bisa menikmati hasil keringatnya sendiri ya..). Dengan sepeda tersebut, dia menjajakan rokok milik perusaahan tembakau kecil di Bojonegoro. Ternyata perusahaan tembakau tempat dia bekerja gulung tikar dan Seeng tee bisa membeli semua tembakau yang tersisa. Disinilah bisnisnya mulai dirintis dan dikembangkan.

IMG_0552Pada tahun 1913, perusahanannya berkembang menjadi badan usaha. Dan di tahun 1940, perusahaan menghasilkan produksi lebih dari 3jt batang per minggu (uakeh yo…hand made pisan). Tapi perusahaan ini pun tak luput dari sasaran Jepang. Kedatangan Jepang yang singkat mampu mengoyak bisnis yang sedang jaya-jayanya ini. Malahan Seeng tee sempet ditawan low. Salut buat Seeng tee nie…. Meskipun di dalam penjara, dia tidak menangisi apa yang sudah dibangunnya hingga saat itu, tapi waktunya diisi dengan belajar bahasa-bahasa asing untuk memperlancar bisnisnya. Sedangkan pabrik rokoknya tetaplah pabrik rokok tapi dengan cita rasa Jepang (pabrik ini dulunya adalah panti asuhan yang dikelola pemerintah Belanda, dan dibeli Seeng tee di tahun 1932). Ya iyalah…prajurit jepang kan juga seneng rokok. Jadi fungsinya sama tapi pemerintahannya yang berbeda (sedari dulu Jepang n Cina kan rodok kres…seperti Indonesia Malaysia be`e yo). Dan ketika Jepang mampu diusir dari bumi Indonesia, Seeng tee hanya membutuh waktu dua tahun untuk membangun kesuksesannya kembali. Benar kata pepatah, orang yang suskes itu bukan orang yang tak pernah gagal, tapi orang sukses adalah orang yang mampu bangkit dari kegagalan. 🙂

IMG_0555Disana kita bisa melihat benda-benda sejarah yang masih terawat dan ditempatkan di sudut-sudut yang apik. Macam-macam tembakau pun bisa kita lihat, cium, dan pegang (beda kalo di musium y, pegang aja kadang-kadang ga boleh). Wanita-wanita pelinting rokok pun bisa menjadi pemandangan yang tak terlewatkan untuk dinikmati di lantai 2. Masuknya gratis low. Buka dari jam 9 pagi ampe jam 10 malem. Petugasnya juga ramah-ramah. Bahkan ada galeri lukisan dan cafenya yang romantis (cuma bisa lewat pas itu…xixixi..). Kalo pengen nanya-nanya, bisa tlp di 031-353-9000.

IMG_0605Sebenernya pengen banget keliling Surabaya bagian timur dengan bus yang disediain HOS. Gratis pula. Katanya sie ada guide tournya. Bus berwarna merah dengan kapasitas 22 orang penumpang ini memiliki model seperti kereta trem, kendaraan jalanan Surabaya jaman kolonial. Dengan fasilitas area kursi roda, kaca yang besar dan full AC, membuat para penumpang nyaman saat berada di dalam bus. Bus nya juga ga nunggu sampe penuh, jadi berangkat sesuai jadwal meskipun isinya hanya dua orang.

Jam buka(http://cityofenjie.multiply.com/journal/item/828) :
Museum dan Kios buka setiap hari mulai pukul 09:00-22:00 WIB.
Cafe dan Art Gallery buka setiap hari mulai pukul 09:00-22:00 WIB, kecuali hari Jumat dan Sabtu buka sampai tengah malam.

Jadwal bus Surabaya Heritage Track (SHT)
Hari Selasa sampai Kamis ada Short tour dengan tujuan House of Sampoerna – Tugu Pahlawan – House of Sampoerna pada pukul 10:00-11:30 WIB, 13:00-14:30 WIB, dan 15:00-16:30 WIB.

Hari Jumat sampai Minggu ada Long tour dengan tujuan House of Sampoerna – Taman Surya – House of Sampoerna pada pukul 09:00-11:00 WIB, 13:00-14:30 WIB, dan 15:00-17:00 WIB.

Sayang aku ga bisa menikmati bus ini. Kapan-kapan aja dweh, kalo ada yang minta tak anterin ke HOS lagi…. Hayo sapa mau kesini???

Ngomong-ngomong soal rokok, jangan lupa bahaya juga ya. Menurut data yang kuperoleh (http://one.indoskripsi.com/node/754), rokok itu memiliki sisi negatif seperti:

  1. Di Indonesia rokok menyebabkan 9,8% kematian karena penyakit paru kronik dan emfisima pada tahun 2001.
  2. Rokok merupakan penyebab dari sekitar 5 % stroke di Indonesia.
  3. Wanita yang merokok mungkin mengalami penurunan atau penundaan kemampuan hamil, pada pria meningkatkan risiko impotensi sebesar 50%.
  4. Ibu hamil yang merokok selama masa kehamilan ataupun terkena asap rokok dirumah atau di lingkungannya beresiko mengalami proses kelahiran yang bermasalah.
  5. Seorang bukan perokok yang menikah dengan perokok mempunyai risiko kanker paru sebesar 20-30% lebih tinggi daripada mereka yang pasangannya bukan perokok dan juga risiko mendapatkan penyakit jantung.
  6. Lebih dari 43 juta anak Indonesia berusia 0-14 tahun tinggal dengan perokok di lingkungannya mengalami pertumbuhan paru yang lambat, dan lebih mudah terkena infeksi saluran pernafasan, infeksi telinga dan asma.

Disamping itu beberapa penyakit akibat merokok menurut Badan POM RI antara lain:
1.  Penyakit jantung dan stroke.
Satu dari tiga kematian di dunia berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan “sudden death” ( kematian mendadak).
2. Kanker paru.
Satu dari sepuluh perokok berat akan menderita penyakit kanker paru. Pada beberapa kasus dapat berakibat fatal dan menyebabkan kematian, karena sulit dideteksi secara dini. Penyebaran dapat terjadi dengan cepat ke hepar, tulang dan otak.
3. Kanker mulut.
Merokok dapat menyebabkan kanker mulut, kerusakan gigi dan penyakit gusi.
4. Osteoporosis.
Karbonmonoksida dalam asap rokok dapat mengurangi daya angkut oksigen darah perokok sebesar 15%, mengakibatkan kerapuhan tulang sehingga lebih mudah patah dan membutuhkan waktu 80% lebih lama untuk penyembuhan. Perokok juga lebih mudah menderita sakit tulang belakang.
5. Katarak.
Merokok dapat menyebabkan gangguan pada mata. Perokok mempunyai risiko 50% lebih tinggi terkena katarak, bahkan bisa menyebabkan kebutaan.
6. Psoriasis.
Perokok 2-3 kali lebih sering terkena psoriasis yaitu proses inflamasi kulit tidak menular yang terasa gatal, dan meninggalkan guratan merah pada seluruh tubuh.
7. Kerontokan rambut.
Merokok menurunkan sistem kekebalan, tubuh lebih mudah terserang penyakit seperti lupus erimatosus yang menyebabkan kerontokan rambut, ulserasi pada mulut, kemerahan pada wajah, kulit kepala dan tangan.
8. Dampak merokok pada kehamilan.
Merokok selama kehamilan menyebabkan pertumbuhan janin lambat dan dapat meningkatkan risiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR). Risiko keguguran pada wanita perokok 2-3 kali lebih sering karena Karbon Monoksida dalam asap rokok dapat menurunkan kadar oksigen.
9. Impotensi.
Merokok dapat menyebabkan penurunan seksual karena aliran darah ke penis berkurang sehingga tidak terjadi ereksi.

Haduh…ternyata buanyak ya sisi negatifnya… yang bisa lepas dari rokok, mulai sekarang sedikit demi sedikit dikurangi ya… Dieman tubuhnya…

Tapi kalo yang susah ya gpp dweh ngerokok aja… biar ada lapangan pekerjaan untuk wanita-wanita pelinting rokok. Hehehe… Kalau mau tau lebih banyak foto2nya, kamu bisa klik di www.cendhika.com ya.. 🙂

Hidup Surabaya….. (gag nyambung ya??xixixi..)

IMG_0536



21 Responses to “House of Sampoerna with Him”

  • cah semarang Says:

    cuma butuh wkt 2thn untuk membangun kesuksesan lagi>_< hebatttt
    salut buat seeng tee..

  • guntur Says:

    cerita yg inspiratif, menggugah jiwa entrepreneur..

  • rizza Says:

    baguuuuuuuuuusssssssssss……..

  • diva Says:

    @cah semarang:dasare udah semangat…diapa2in pasti sukses.. ^^
    @masgun:ayo mas..pindah haluan..jadi entrepeneur… :p
    @rizza:aduh…..uuuuu n sssss nya gag kurang banyak ta mbak?xixixi…di malang, ada tempat menarik untuk dikunjungi selain bns n jatim park?

  • cencen Says:

    lupa kalo aku belum komentar ;p

    sip ukh.. reportase yang lebih dari cukup.. sampe bawa data data juga..andai saja semangat entrepreneurnya dibuat ke bidang yagn lain ya.. bisa lebih barokah tuh..
    tapi liat banyak banget ibu ibu yang kerja bak robot rasanya menyerap tenaga kerja banyak pula..

  • ikaaa Says:

    ayooo rin, kancani q ke sana,
    tp cm bs hr minggu / tgl merah, how?

  • defidancow Says:

    masak pasangan perokok ketularan kangker??
    g ilmiah.. gmana caranya? 😛 berlebihan.. smoga menyebabkan apapun..

  • diva Says:

    @ikaaa:insyAlloh aku bisa…..pokoke aku susulen ya…xixixiix.. :p
    @defi:hehehe..itu kan dari data yang kudapat..kalo mau protes..buka link n komentar aja disitu… 😀

  • werdha prasidha wangsa Says:

    hihi… sry sampoerna aku g’ mendukung km….
    alergi asap…
    bangkrut bangkrut aja dah… :p
    tmn2ku banyak yg perokok…. jdnya aku pasif… kl udah gregetan… tak rebut lagsung tak buang… wkkwkkwkk…

  • diva Says:

    @werdha:eh ati2 low…comment mu bisa memasukkan mu ke penjara… >_<

  • werdha prasidha wangsa Says:

    apaaa aku ndak menjelek2an kok… :p
    cuma tidak mendukung… dan itu Hak rakyat… >.<

  • diva Says:

    iya…ketidak dukunganmu yang di ekspos bisa disangka provokasi low…

  • dwee Says:

    subhanallah…kega2lan berbuah kesuksesan….
    kerja keras dan semangat yg tinggi yg perlu qt contoh…
    lengkap dif..
    fotografherna ok…hehehhe..
    model ma ngikuuuuuuuuuutttt..:)
    *just kindng*

  • diva Says:

    hehehe…seng penting menarik kan?? ;p

  • wiwitdyahayu Says: Says:

    kita juga gak bisa nyalahin dengan adanya rokok.tak ada rokok ibu2 banyak yang jadi pengangguran.contohnya gudang garam aja.banyak ibu2 kerja di situ.kalo sampek dilarang adanya rokok kan kasihan ibu2nya????

  • Laila Says:

    Aku koq ndak yakin ya akan banyak pengangguran dan Indonesia bakal makin miskin kalau rokok diharamin dan pabrik rokok tutup…Aku yakin bahwa manusia itu makhluk yang paling adaptif dan bisa banting setir kalau ada halangan. Meskipun, waktu banting setir bisa selamat, atau malah bisa meninggal? ah..ngomong opo aku iki dif…hehehe….terkait dengan post, aku juga pernah ke House of Sampoerna, salut juga dengan perjuangan perintisnya….halah..

  • diva Says:

    @wiwit:makanya wit,,,kalo ada yang ga bisa berhenti rokok sebenernya ya kasihan…
    @laila:orang Tionghoa memang patut dijadikan contoh untuk segala hal yang berhubungan dengan pantang menyerah… ^^

  • rizza Says:

    ada banyak dif…tu km uda ke sendang iru…
    ada lagi namanya bedengan…disitu ada kebun petik jeruk…uda pernah denger…jeruknya jeruk baby manis yg bwt minum tu lhow…ada P-Wec (peliaran kembali hewan) ada juga aer terjun buagusssss tapi jalane sulit polll harus jalan kaki 1jam lebih, jalane sulit,deket jurang, daerah deket wagir pernah dilalui org2 SCTV ato RCTI gt…lali aq…

  • diva Says:

    @rizza:aku mau diajak kesana…. ^^

  • Elsa Says:

    uhuuuuuuuuuy….

    prikitiew…….

  • diva Says:

    :”)

Leave a Reply