Masjid Kubah Emas 24 Karat!

DSC00138

Masjid indah dan mewah selalu membawa kekaguman tersendiri bagi pengunjungnya. Gimana ga kagum, masjid berlapis emas 24 karat di tiap kubahnya ini dibangun di atas tanah seluas 60 hektar dan arsiteknya luar biasa wah! Tahap perencanaan serta pembangunan dimulai dari tahun 1996 dan sampai sekarang masih terus dalam proses perbaikan. Karena penasarannya, saya dan bapak pun diantar Budhe Tutik untuk melihat masjid yang sedang naik daun ini.

DSC00140

DSC00150

Kami harus meluangkan waktu satu hari penuh untuk mengunjungi masjid ini karena lokasinya yang berada di Depok (cukup jauh dari rumah Budhe yang bertempat tinggal di Kampung Rambutan). Selama perjalanan, aku ga habis-habisnya tanya bagaimana dan asal mula masjid tersebut didirikan kepada Budhe, yang lebih dulu tau.

DSC00166

DSC00141

Menurut Budhe, Bu Dian Al Mahri sebagai perencana, pemilik serta orang yang berwenang penuh terhadap masjid ini adalah bekas penasehat spiritual salah satu sultan di Brunei Darussalam. Saking terkesannya sultan ini terhadap Bu Dian, beliau pun diberi sepetak tanah di Brunei oleh si sultan. Yang namanya rejeki emang ga kemana ya.. Ternyata sepetak tanah tersebut mengandung minyak bumi yang mengucur tiada henti <—rodok lebay. Sekarang, dunia mana sie yang ga butuh minyak? Dan Brunei memang terkenal dengan minyak bumi nya kan? Katanya dosenku yang pernah ke Brunei, rata-rata orang sana memiliki 5 mobil di setiap rumah, dan hampir semua warganya makmur sentosa (opo maneh wilayah`e cilik pisan). Dan jadilah masjid yang luar biasa hebat ini.

DSC00151

Di area masjid, ada beberapa fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan untuk pengunjung yaitu restoran, toko butik, rumah penginapan, gedung serbaguna, Islamic Senter, dan sssttt… katanya mau dibangun universitas atau pesantren!!! Busyet dah.. Rumah Bu Dian yang seperti istana ini pun berada di sekitar Masjid Kubah Emas. Subhanalloh.. Enak banget punya rumah di sebelah masjid ato musolla itu.. <—bohong kalo orang Islam ga pngn punya rumah deket masjid.

DSC00143

Hanya ada tujuh masjid yang berkubah emas di dunia, yaitu:

  1. Masjid Suberi (Lahore);
  2. Masjid Sultan Singapura (Singapura);
  3. Masjid Al-Askari (Irak);
  4. Masjid Qubbah As-Sakhrah (Palestina);
  5. Masjid Omar Ali Saifuddin (Brunei);
  6. Masjid Jami Bandar Sri Begawan (Brunei);
  7. Dan yang terakhir adalah Masjid Dian Al-Mahri (Indonesia).

Tapi sebenarnya saya rodok ga sreg dengan sebuah majalah (yang kebetulan di jual di sekitaran masjid dan saya beli) yang memblow up bagaimana Bu Dian Al Mahri membangun Masjid ini. Kesannya kok rodok pamer ya..atau saya yang berlebihan dalam membaca? Tapi saya menangkap kesan seperti itu. Memang amalan ada yang boleh ditunjukkan (agar umat lain bisa mencontoh kebaikan tersebut) dan ada amalan yang siapapun tak boleh tau (kecuali Dia lah). Foto ketika memberikan zakat, diksi yang dipakai, cerita beberapa orang yang mendapat hidayah setelah masuk masjid ini.. Tanpa keterangan yang menunjukkan sodaqoh-sodaqoh yang sudah beliau lakukan, saya yakin orang ga akan seberhasil itu kalau shodakohnya tidak tertunaikan. Ah.. semoga hanya di edisi itu saja bagaimana media memblow up nya. Dan semoga hanya cara pandang saya saja yang berpendapat demikian. Wallahualam.. Semua tergantung niat.. Untuk seterusnya.. semoga ada hal-hal yang lebih banyak manfaatnya dalam majalah tersebut..

DSC00172

DSC00144Tapi..saya jadi bertanya..kalau memang emas adalah logam mulia yang dikagumi orang.. Kenapa Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tidak berbalurkan emas atau berlian juga ya? Dua masjid yang diberi kesempatan memiliki sejarah tak tertandingi sekaligus terdapat janji-janji Alloh yang luar biasa, jika umat muslim beribadah di dua masjid tersebut.. Padahal Mekah dan Madinah adalah negeri yang tak kalah makmurnya. Ada yang bisa memberi saya pengertian? (tuing-tuing).



10 Responses to “Masjid Kubah Emas 24 Karat!”

  • indahfaruk Says:

    subhanallah. selalu terkesima kalo liat masjid ini di tipi/majalah/blog.
    ga bisa bayangin kalo bisa kesana langsung. 🙂

  • no0r Says:

    waaahh seharian full buat muter2 masjid ? subhanallah luas banget berarti ya… jadi mupeng lihat langsung kesana.
    tapi disana juga banyak jamaah “tetapnya” nda ya?
    kan kasian juga, masjidnya gede tapi ga ada majelisnya…. bagai sayur tanpa garam….. :lebaiii: ^^

    masjid nabawi sama masjidil haram adalah masjid yang suci & bersejarah, tentunya masjid2 tersebut jadi semacam “contoh” untuk masjid2 yg laen… (dalam artian pembangunan fisiknya)
    nah kalo pendapat aku sih knp tidak diberi kubah emas ato berlian :

    1. takutnya nanti umat muslim yg sdg berkunjung ke kedua masjid tsb hanya terkesima oleh keindahan dan kemegahan bangunan fisiknya saja bukan lebih khusyuk ibadahnya.

    2. karena masjid tsb bersejarah dan sangat suci buat umat muslim, tentu umat muslim di berbagai belahan bumi lain dalam membangun masjid ingin menyerupai bentuk bangunan fisiknya, kalo kubahnya pake emas ? waduuuhhh mngkn bisa jadi masjid2 ga banyak seperti sekarang ini, karena “mungkin ada” orang2 yg berfikir kalo membangun masjid tp tidak berkubah emas seperti kedua masjid tsb di atas ibadahnya bisa2 nda’ diterima…

    it’s just my opinion… CMIIW ^^

  • diva Says:

    @kenyot:datang dweh nyot… 🙂
    @noor:pas kesana sie jamaah nya banyak..gtau kalo hari-hari lain mbak..semoga saja masjid ini selalu penuh dengan para jamaahnya..
    lha majalahnya terbitan sendiri`e mbak..kan kesannya pamer2 gmn gitu.. -_-“

  • Laila Says:

    Wah, lama gak mampir nih…
    Ke Depok gak bilang-bilang je… Rumahku deket banget ama pesantrennya Pak Hasyim Muzadi… Kalau bilang pan bisa sekalian tak ajak ke situ, gak kalah bagus mesjidnya…. mambu timur tengah an…hehehe

  • diva Says:

    gimana aku bisa menghubungimu la…km menjauhi hape..blognya jg udh ga aktif..nulis lagi dunk.. 🙁

  • Laila Says:

    Kan ada email Dif, etapi aku juga juarang buka email ding akhir-akhir ni….He5…Lagi menghindari internet Dif, takut bayiku kena radiasi…He2 😛

    Dif aku dah dibeliin hape lo ama suami, akhirnya aku mengiyakan juga…hi5…

    Oh iya selamat ya wisudanya… Dapat nilai bagus lagi, bangga deh aku…he5

    Nulis blog lagi males Dif, mending ngunjungi blog teman, hehe… Tapi aku lagi nyoba-nyoba tumblr, niru-niru dian…:D

  • diva Says:

    hore….aku mau dapat keponakan…mau cewek ato cowok nie??hehehe,,

    ayo bagi nomer..by email..tak tunggu.. 😀

    alhamdulillah dah lulus…pengen kul lagi aku la..tapi menunggu waktu yg tepat..hihihi..

    pokoknya ak kasih tau kalo tumblr ny baru.. 🙂

  • laila Says:

    Anakku cowok dif…
    Sekarang lagi ada di rumah mertua di kediri sampe juni…

    Ntar aku email ya…

    Bagus-bagus, kuliah musti jalan terus…kudukung…

    tumblrku lailaiqbal.tumblr.com, udah gak tak otak-atik lagi, dah males ngenet…maklum, prioritas dah beda kalau dah mo jadi ibuk…haha 😛

  • diva Says:

    senangnya…menikmati peran sebagai ibu rumah tangga.. 🙂

    wah..di kediri ampe juni?dimana alamatnya..mau maen dunk..hehehe..

  • qoni Says:

    mupeng >_<
    bolak balik ke jkt,blm smpt mampir 🙁

Leave a Reply