Manfaat Silaturahmi

Siapa sich yang ga suka ketemu ama saudara dan teman-teman lama? Dimana-mana kalo yang namanya silaturahmi pasti memiliki efek positif bagi semua pihak (kalo ikhlas sech..hehehe). Nah, pas ke Jakarta kemarin, aku nginep di rumah sepupunya Papa (di daerah Kampung Rambutan), Pakde Sonny dan Budhe Tutik. Seminggu nginep disini aku dimanjakan dengan masakan yang enak-enak! Maklum, Budhe adalah ibu rumah tangga yang pinter masak, jadi aku betah dweh tinggal disini. Pakde punya 2 putri dan 1 putra. Semua baik-baik dan dan memiliki tinggi badan yang benar-benar tinggi  (nah..lo..aku serasa kurcaci kalo deket mindoanku ini, hihihi). Ngobrol sama Pakde itu menambah wawasan. Seorang pengusaha properti dan dosen manajemen di sebuah universitas swasta di Jakarta yang tak segan membagi ilmunya padaku. Jadi, sedikit banyak bidang yang Pakde geluti saat ini menambah wacanaku (makasie ya Pakde). Budhe Tutik yang dulunya adalah pegawai Bank dan kemudian memutuskan menjadi ibu rumah tangga ini nyetirnya jago banget! Ampe sungkan sendiri kalo mau kemana-mana, habis Budhe selalu ngotot nganterin low. Hmmm.. Makasie ya Budhe.. Aku jadi pengen mandiri n jago masak kayak Budhe! Semoga keluarga Pakde dan Budhe selalu diberikan kesehatan serta nikmat iman yang tak ternilai harganya, amien.

P1290231

Selain ketemu Pakde dan Budhe, aku maen kerumah Mbak Iim juga. Mbak yang satu ini adalah putri keempat sekaligus terakhir dari Budhe Toyiba (mbak kandung dari Mama). Simplenya sie sepupuku..misanan.. Karena jarang pulang ke Jawa Timur, aku maen kermh Mbak Iim, habis kangen banget sie! Dulu waktu aku masih kecil, Mbak Iim ini jago banget dongengin aku. Kalo nginep di rumah Kertosono, Mbak Iim pasti tak target untuk nyeritain aku.. Hehehe.. Sekarang Mbak Iim dah punya anak-anak sendiri yang setiap saat bisa didongengin sebelum bubuk.. Mbak Iim berdomisili di Bekasi dengan keempat anaknya yang beraneka ragam sifat dan tingkah lakunya. Seneng banget bisa ketemu ma Mbak Iim.. Meskipun sekarang aku dah ga didongengin lagi.. Tapi sering-sering pulang ke Jawa Timur dunk mbak..

DSC00129DSC00130

Ada lagi yang bikin seru… Silaturahmi dengan teman-teman SMA! Trus dilanjutin maem-maem di Kalibata. Seneng juga bisa ketemu temen-temen yang lama ga da kabarnya. Apalagi aku ketemu Iyum yang pernah satu atap denganku. Pengen banget Yum bisa tidur di kostmu, tapi apa daya waktuku ga banyak.. Alih jalur di jurusan perpajakan UI mengharuskan dia tinggal di Jakarta. Bayangin aja, dia ini wonder women banget.. Pagi ampe sore kerja.. Malemnya kuliah.. Ah Iyum.. Jauh nian kau berada.. Lek aku kangen ngene ki piye jal?

DSC00193

Ada Aci yang kuliah di Solo, tapi sering ke Jakarta karena pacarnya, Tommy kerja di Jakarta. Hadi juga kerja di Jakarta. Kalo Aji sudah penempatan kerja di Maluku. Satya masih kuliah di UI, dan Yuda meneruskan S2 ny di UI pula. Yang rodok bedha ya Pak Pilot ini, kerjanya keliling Nusantara aja, Firman. Hehehe…

DSC00222

DSC00223DSC00226

Nah.. Kalo ketemu trus ngobrol-ngobrol gini kan kita jadi tau kabar terakhir dari mereka semua. Dan Alhamdulillah masing-masing dari mereka sudah memiliki planning hidup yang terencana. Selain seneng bs reuni kecil-kecilan dengan saudara dan sahabat, menurut Dr. Dito Anurogo, silaturahmi memiliki keuntungan-keuntungan sebagai berikut:

1. Mendapatkan ridho Allah SWT.

2. Membuat orang yang dikunjungi berbahagia. Hal ini amat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW,

“Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia.”

3. Menyenangkan malaikat, karena malaikat juga sangat senang bersilaturahmi.

4. Disenangi oleh manusia.

5. Membuat iblis dan setan marah.

6. Memanjangkan usia.

7. Menambah banyak dan berkah rejekinya.

8. Membuat senang orang yang telah wafat. Sebenarnya mereka itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik.

9. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.

10. Menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahmi) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.

Jangan bermalas-malasan untuk silaturahmi alias kumpul-kumpul dengan teman ya!



4 Responses to “Manfaat Silaturahmi”

  • zakiyyatul fakhiroh Says:

    kapan ktm iim?rumahnya uda jadi kah?..

  • iyum Says:

    huwalaaahhh…kangen awakmu nduk…
    tp enek ralat saitik…aji ne sulawesi utara…tgl 18 april besuk brgkat…
    miss u miss u miss u…muach muach muach…
    :* :*

  • qoni Says:

    itu masjid tanah abang ya?hihihi keren y ada pusat perbelanjaan punya masjid kyk gt 😀

  • diva Says:

    @mbak zak:iya pas aku ke jakarta mbak.. 🙂
    @iyum:hihii…salah krungu berarti.. :p
    eh..mantenane kade teko ra?
    @mbak qoni:iya mbak….apik..gedee…bersih… ^_^

Leave a Reply